Kompas.com - 10/02/2014, 09:46 WIB
Penulis Aditya Panji
|
EditorAditya Panji
JAKARTA, KOMPAS.com - Game Flappy Bird memang meraih sukses besar dan berhasil menjadi pembicaraan di media massa dan media sosial. Di tengah sukses tersebut, si pembuat Flappy Bird, Dong Nguyen, memutuskan untuk mencabut game tersebut dari toko aplikasi Apple App Store dan Google Play Store.

Dari pantauan KompasTekno pada Senin pagi (10/2/2014), jam 08.00 WIB, Flappy Bird sudah hilang dari toko aplikasi perangkat iOS dan Android.

Berarti, Flappy Bird sudah tidak bisa lagi diunduh oleh pengguna baru. Sementara pengguna yang telah memasang game ini di perangkatnya, tetap bisa memainkan seperti biasa.

Nguyen memang telah mengumumkan akan mencabut game yang sederhana, adiktif, dan memancing emosi itu. Ia mengkonfirmasi bahwa keputusan itu tidak ada hubungannya dengan masalah hukum, ia juga mengatakan tidak mau menjual Flappy Bird.

Ini semata dilakukan Nguyen karena popularitas Flappy Bird telah merusak "hidupnya yang sederhana."

Potensi terjerat hukum

Di tengah sukses Flappy Bird, game ini berpotensi terjerat masalah hukum. Forbes mencatat Flappy Bird memiliki beberapa kesamaan visual dengan game Super Mario Bros dari Nintendo.

Kesamaan yang dimaksud misalnya bentuk pipa hijau yang sangat mirip dengan benda serupa di game Mario, juga desain karakter burung serupa ikan terbang bernama "cheep-cheep" yang muncul di seri ketiga game buatan Nintendo tersebut. Latar belakang dan gaya grafis ala konsol game 8-bit jadul seakan melengkapi kemiripan yang ada.

Bahkan, suara yang muncul ketika burung melewati celah pipa juga mirip dengan suara ketika tokoh Mario mendapatkan koin.

Selain itu, Flappy Bird kerap dikaitkan meniru game berjudul Piou Piou yang dirilis pada 2011 karena memiliki konsep serupa dari sisi cara memainkan, karakter si burung, serta blok hijau yang menjadi rintangan.

Halaman:
Baca tentang


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.