Kompas.com - 10/02/2014, 13:45 WIB
|
EditorWicak Hidayat

KOMPAS.com - Oppo N1 adalah smartphone suksesor Oppo Find 5. Dengan N1, Oppo seolah ingin menegaskan kehadirannya untuk bersaing dengan smartphone premium lain. Hal ini terlihat dari tampilan, fitur dan spesifikasi yang dimiliki N1.

Oppo N1 dibekali deretan spesifikasi kelas atas, baik untuk hardware dan software-nya. Bahkan, Oppo mengkustomisasi sendiri tampilan antarmuka N1 agar berbeda dengan smartphone Android lainnya.

Selain itu, Oppo juga ingin memperkenalkan cara baru berinteraksi dengan smartphone melalui kontrol gestur yang dimiliki N1. Bukan hanya di layarnya saja, Oppo juga memungkinkan pengguna mengontrol smartphone dengan sentuhan jari dari bagian belakang smartphone.

Dan yang menjadi fitur andalan, adalah kamera 13 megapixel yang bisa dirotasi. Kamera ini dikembangkan Oppo dengan menggandeng pabrikan Fujitsu yang meracik prosesor pemroses gambar. Deretan fitur editing foto dan efek juga diberikan untuk menarik penyuka fotografi instan dengan smartphone.

Desain
Saat melihat pertama kali, pasti yang muncul di benak adalah ukurannya yang tergolong besar. Pilihan warna putih dengan sentuhan matte ini menyembunyikan bodinya yang terbuat dari bahan plastik.

Engadget
Oppo N1

Oppo N1 memiliki desain kotak dengan ujung-ujung yang membulat. Layarnya yang berukuran 5,9 inci menjadi perhatian utama di wajah N1. Layar Oppo N1 menggunakan materi IPS dengan resolusi Full HD. Walau memiliki tampilan layar yang jernih dan tajam, namun karena sifat layar yang reflektif, maka performa tampilan layarnya berkurang saat dipaparkan di bawah terik matahari.

Dengan ukuran yang lebih besar dari smartphone kebanyakan, seperti Galaxy S4 atau iPhone 5s, menjadikan Oppo N1 agak susah untuk dikantongi di saku celana atau baju. Lebih nyaman dimasukkan ke dalam tas. Walau sebenarnya N1 ini cukup tipis dan bisa dimasukkan di saku celana belakang.

Minimalis mungkin menjadi kata yang tepat jika menggambarkan tombol fisik yang dimiliki N1. Sepintas, pengguna tidak akan menemui tombol fisik yang mencolok di body smartphone. Oppo memberikan tombol fisik untuk daya dan pengatur volume di sebelah kanan yang desainnya tipis mengikuti kontur body N1.

Di sebelah kiri terdapat slot kartu SIM. Agak susah untuk membuka slot ini, karena membutuhkan pin untuk mengakses slot kartu SIM. Oppo N1 tidak memiliki slot kartu memori sebagai penyimpanan eksternal. Bagian penutup belakang smartphone juga tidak bisa dibuka. Karena itu pengguna tidak bisa mengakses baterai dan sebagainya.

Antarmuka & Fitur
Untuk antarmuka, Oppo N1 yang secara default menggunakan sistem operasi Android 4.2 Jelly Bean, ingin membedakan dirinya dengan smartphone Android lain. Oppo mendesain antarmuka yang disebut dengan Color OS yang ditanamkan di dalam N1.

Halaman Selanjutnya
Halaman:
Baca tentang


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.