Kompas.com - 10/02/2014, 15:06 WIB
Penulis Oik Yusuf
|
EditorReza Wahyudi
KOMPAS.com — Apple diketahui memperoleh paten untuk layar gadget berbahan safir beberapa hari lalu. CEO Tim Cook pun mengakui bahwa pabrik Apple di Arizona bakal memproduksi kaca dari kristal tersebut.

Semuanya merupakan indikasi kuat bahwa layar iPhone generasi berikutnya bakal dilapisi materi yang disebut-sebut kebal goresan dan bisa menghantarkan panas sebaik logam itu.

Tapi seberapa kuatkah layar gadget yang terbuat dari safir?

Jawabannya mungkin bisa dilihat dari percobaan singkat yang dilakukan oleh Aero Gear, perusahaan pembuat screen protector, termasuk yang berbahan safir.

Apple/ USPTO Diagram penjelasan dalam paten Apple mengenai aplikasi kristal safir pada gadget


Aero Gear merekam video berisi percobaan yang melibatkan sebuah iPhone dan sebongkah beton itu, sebagaimana bisa disimak di bawah.

Dalam video yang dilansir oleh Cnet tersebut, tampak bongkahan beton diseret di atas iPhone yang dilapis kaca berbahan safir. Kemudian, permukaan iPhone dibersihkan untuk melihat apabila terdapat goresan.

Hasilnya, iPhone yang berada di balik pelindung layar itu tetap licin tanpa gores walaupun berhasil mengikis sebagian kecil beton tersebut.

Kristal safir sendiri merupakan salah satu materi paling tangguh yang ada di muka bumi. Tingkat kekerasannya disebut-sebut hanya kalah dari batu intan. Saat ini, Apple sudah memakai safir sebagai pelapis sensor sidik jari dan elemen lensa pada iPhone 5S.

Apabila bahan tersebut benar akan melapis layar iPhone generasi beikutnya, maka gadget itu bisa jadi bakal benar-benar "tahan gores".

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Sumber CNET
Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.