Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Layar "Safir" iPhone Tahan Diadu Lawan Beton

Kompas.com - 10/02/2014, 15:06 WIB
Oik Yusuf

Penulis

Sumber CNET
KOMPAS.com — Apple diketahui memperoleh paten untuk layar gadget berbahan safir beberapa hari lalu. CEO Tim Cook pun mengakui bahwa pabrik Apple di Arizona bakal memproduksi kaca dari kristal tersebut.

Semuanya merupakan indikasi kuat bahwa layar iPhone generasi berikutnya bakal dilapisi materi yang disebut-sebut kebal goresan dan bisa menghantarkan panas sebaik logam itu.

Tapi seberapa kuatkah layar gadget yang terbuat dari safir?

Jawabannya mungkin bisa dilihat dari percobaan singkat yang dilakukan oleh Aero Gear, perusahaan pembuat screen protector, termasuk yang berbahan safir.

Apple/ USPTO Diagram penjelasan dalam paten Apple mengenai aplikasi kristal safir pada gadget


Aero Gear merekam video berisi percobaan yang melibatkan sebuah iPhone dan sebongkah beton itu, sebagaimana bisa disimak di bawah.

Dalam video yang dilansir oleh Cnet tersebut, tampak bongkahan beton diseret di atas iPhone yang dilapis kaca berbahan safir. Kemudian, permukaan iPhone dibersihkan untuk melihat apabila terdapat goresan.

Hasilnya, iPhone yang berada di balik pelindung layar itu tetap licin tanpa gores walaupun berhasil mengikis sebagian kecil beton tersebut.

Kristal safir sendiri merupakan salah satu materi paling tangguh yang ada di muka bumi. Tingkat kekerasannya disebut-sebut hanya kalah dari batu intan. Saat ini, Apple sudah memakai safir sebagai pelapis sensor sidik jari dan elemen lensa pada iPhone 5S.

Apabila bahan tersebut benar akan melapis layar iPhone generasi beikutnya, maka gadget itu bisa jadi bakal benar-benar "tahan gores".

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber CNET


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com