Gedung Cyber I Terbakar, Trafik Internet Terganggu?

Kompas.com - 11/02/2014, 10:52 WIB
Ilustrasi pengguna internet. ShutterstockIlustrasi pengguna internet.
Penulis Aditya Panji
|
EditorReza Wahyudi
JAKARTA, KOMPAS.com — Gedung Cyber I di Jalan Mampang Prapatan, Jakarta Selatan, yang menjadi tempat pusat data (data center) berbagai situs web perusahaan dan lembaga, dilanda kebakaran pada Selasa pagi (11/2/2014). Meski demikian, trafik internet Indonesia diklaim aman karena tidak ada pemadaman listrik untuk data center.

Kebakaran terjadi di Lantai 11 Gedung Cyber I. Hingga berita ini ditayangkan, pihak pemadam kebakaran sudah berhasil memadamkan api dan sekarang sedang proses mengeluarkan asap dari gedung.

Ketua Umum Asosiasi Penyelenggara Jasa Internet Indonesia (APJII) Sammy Pangerapan menjelaskan, APJII memiliki data center di lantai 1 serta ada Indonesia Internet Exchange (IIX) yang menjadi salah satu pusat lalu lintas internet Indonesia.

"Tidak ada dampak pada IIX karena listrik di lantai tersebut tidak dimatikan. Listrik yang dimatikan hanya di lantai 11. Semua data center aman," kata Sammy saat dihubungi KompasTekno.

IIX merupakan tempat terhubungnya jaringan internet dari berbagai penyedia jasa internet di Indonesia, seperti Telkom, Indosat, CBN, Biznet, First Media, dan lain-lain.

Selain IIX, di lantai 8 Gedung Cyber I, juga terdapat data center milik Indonet, dan Internet Data Centerindo (IDC) di lantai 7.

Chairman IDC Johar Alam Rangkuti memastikan semua infrastruktur IDC tidak terkena dampak dari kebakaran. "IDC di lantai 7 tidak terganggu. OpenIXP sebagai pusat trafik lokal tidak terganggu," tulis Johar dalam pesan singkat.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Belum diketahui secara pasti mengenai penyebab dan kerugian yang diderita atas perisitiwa ini.



Rekomendasi untuk anda
25th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X