Kompas.com - 11/02/2014, 17:46 WIB
Penulis Deliusno
|
EditorReza Wahyudi
KOMPAS.com — Tabir misteri dari perangkat "Normandy", ponsel pertama Nokia yang berjalan dengan sistem operasi Android, tampaknya akan segera terbuka. Perangkat tersebut dikatakan akan diumumkan pada akhir bulan Februari ini.

Menurut sebuah sumber, yang dikatakan "mengetahui dan paham terhadap rencana Nokia", menyampaikan kepada Wall Street Journal, Selasa (11/2/2014), bahwa ponsel tersebut sudah akan diperkenalkan dalam ajang Mobile World Congress (MWC) yang digelar pada 24-27 Februari di Barcelona, Spanyol.

Informasi tersebut sejalan dengan rumor yang telah beredar belakangan ini. Memang sudah berkali-kali, berbagai sumber dan media membeberkan bahwa produk yang akan disebut "Nokia X" itu akan dirilis pada ajang tahunan tersebut.

Nokia sendiri sudah mengirimkan undangan kepada media untuk menghadiri sebuah acara peluncuran di sela-sela MWC. Perusahaan asal Finlandia tersebut memang tidak menyebutkan produk yang akan diluncurkan. Namun, berdasarkan prediksi dan bocoran informasi dari beberapa sumber, Nokia dikatakan akan merilis berbagai ponsel, termasuk Nokia X.

Nokia X atau Normandy adalah ponsel low-end dengan penampilan mirip lini smartphone Lumia dari perusahaan tersebut. Perangkat ini diduga memiliki layar 4 inci, serta diperkuat prosesor Qualcomm Snapdragon S4, kamera 3 megapiksel, internal storage 4 GB, dukungan dual-kartu SIM, dan RAM 512 MB. Ada pula dukungan ekspansi media penyimpanan melalui slot Micro-SD.

Kepada KompasTekno, seorang sumber tepercaya yang telah melihat langsung Normandy mengatakan bahwa ponsel itu menggunakan sistem operasi Android versi 4.4 (Kitkat).

Meski memakai Android, Normandy akan menanggalkan layanan Google seperti Play Store dan Maps. Sebagai pengganti Play Store, aplikasi-aplikasi Android dapat diunduh dari Nokia Store. Untuk aplikasi pengganti Google Maps, Normandy akan dibekali aplikasi peta andalan Nokia, Here.

Seperti diberitakan sebelumnya, ponsel Android Nokia ini sudah "mendarat" di Indonesia. Nokia diam-diam telah mengajukan permohonan sertifikasi Nokia Normandy di Ditjen Sumber Daya dan Perangkat Pos dan Informatika (SDPPI) Kementerian Komunikasi dan Informatika. (Baca: Android Nokia Normandy Sudah "Mendarat" di Indonesia)

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.