Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Debut Nokia Android, Akhir Februari di Barcelona

Kompas.com - 11/02/2014, 17:46 WIB
Deliusno

Penulis

KOMPAS.com — Tabir misteri dari perangkat "Normandy", ponsel pertama Nokia yang berjalan dengan sistem operasi Android, tampaknya akan segera terbuka. Perangkat tersebut dikatakan akan diumumkan pada akhir bulan Februari ini.

Menurut sebuah sumber, yang dikatakan "mengetahui dan paham terhadap rencana Nokia", menyampaikan kepada Wall Street Journal, Selasa (11/2/2014), bahwa ponsel tersebut sudah akan diperkenalkan dalam ajang Mobile World Congress (MWC) yang digelar pada 24-27 Februari di Barcelona, Spanyol.

Informasi tersebut sejalan dengan rumor yang telah beredar belakangan ini. Memang sudah berkali-kali, berbagai sumber dan media membeberkan bahwa produk yang akan disebut "Nokia X" itu akan dirilis pada ajang tahunan tersebut.

Nokia sendiri sudah mengirimkan undangan kepada media untuk menghadiri sebuah acara peluncuran di sela-sela MWC. Perusahaan asal Finlandia tersebut memang tidak menyebutkan produk yang akan diluncurkan. Namun, berdasarkan prediksi dan bocoran informasi dari beberapa sumber, Nokia dikatakan akan merilis berbagai ponsel, termasuk Nokia X.

Nokia X atau Normandy adalah ponsel low-end dengan penampilan mirip lini smartphone Lumia dari perusahaan tersebut. Perangkat ini diduga memiliki layar 4 inci, serta diperkuat prosesor Qualcomm Snapdragon S4, kamera 3 megapiksel, internal storage 4 GB, dukungan dual-kartu SIM, dan RAM 512 MB. Ada pula dukungan ekspansi media penyimpanan melalui slot Micro-SD.

Kepada KompasTekno, seorang sumber tepercaya yang telah melihat langsung Normandy mengatakan bahwa ponsel itu menggunakan sistem operasi Android versi 4.4 (Kitkat).

Meski memakai Android, Normandy akan menanggalkan layanan Google seperti Play Store dan Maps. Sebagai pengganti Play Store, aplikasi-aplikasi Android dapat diunduh dari Nokia Store. Untuk aplikasi pengganti Google Maps, Normandy akan dibekali aplikasi peta andalan Nokia, Here.

Seperti diberitakan sebelumnya, ponsel Android Nokia ini sudah "mendarat" di Indonesia. Nokia diam-diam telah mengajukan permohonan sertifikasi Nokia Normandy di Ditjen Sumber Daya dan Perangkat Pos dan Informatika (SDPPI) Kementerian Komunikasi dan Informatika. (Baca: Android Nokia Normandy Sudah "Mendarat" di Indonesia)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com