Sehari, 8000 Pengguna "Blue Bird" Pesan dari Ponsel

Kompas.com - 12/02/2014, 09:32 WIB
Penulis Aditya Panji
|
EditorReza Wahyudi
JAKARTA, KOMPAS.com - Layanan berbasis lokasi berhasil mencuri perhatian pengguna perangkat ponsel di Indonesia, karena dianggap memenuhi kebutuhan sehari-hari.

Aplikasi mobile Blue Bird merupakan salah satu contoh aplikasi digital berbasis lokasi yang sukses di Indonesia.

Aplikasi Blue Bird dipakai pengguna untuk memesan taksi. Menurut Noni Purnomo, Presiden Direktur Blue Bird Group, setiap harinya ada sekitar 6.000 sampai 8.000 pemesanan taksi Blue Bird dengan aplikasi yang tersedia di platform Android, iOS, Windows Phone, dan BlackBerry.

Meskipun, pemesanan taksi lewat sambungan telepon jauh lebih besar, sekitar 25.000 pemesanan setiap harinya. Pihak Blue Bird sendiri berharap semakin banyak pengguna yang memanfaatkan layanan dari aplikasi ini.

“Kelebihan memesan taksi Blue Bird dari aplikasi digital adalah, pengguna tidak perlu antre di area publik,” kata Noni dalam diskusi Advertising Platform in Location Based Media yang digelar Asia Pacific Media Forum (APMFx) di Jakarta, Selasa (11/2/2014).

Pengguna dapat mengetahui lokasi taksi terdekat yang sedang menjemputnya melalui peta digital di aplikasi yang telah terintegrasi dengan Global Positioning System (GPS) di taksi. Sehingga, pengguna dapat memantau dan memperkirakan kehadiran taksi yang dipesan.

Blue Bird sendiri mengalirkan dana investasi Rp 50 miliar untuk sistem aplikasi, GPS, termasuk untuk call center dan sistem back end.

Perusahaan taksi terbesar di Indonesia ini juga berencana memberi layanan pembayaran online. Namun, menurut Noni, hal itu dimungkinkan jika jaringan telekomunikasi di Indonesia sudah merata dan andal.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.