CEO Apple Ibaratkan Android seperti Eropa

Kompas.com - 12/02/2014, 18:46 WIB
|
EditorAditya Panji

KOMPAS.com - CEO Apple, Tim Cook, mengibaratkan bahwa Android itu layaknya Eropa. Nama benua tersebut seringkali disalahartikan sebagai nama negara oleh orang Amerika Serikat, begitu juga dengan Android.

Cook mengatakan, "Android itu seperti Eropa, orang-orang tidak tahu bahwa sebenarnya Eropa itu terdiri atas beberapa negara, tak seperti Amerika dengan negara bagiannya," demikian seperti dikutip dari Business Insider (8/2/2014).

Semua smartphone yang menjalankan sistem operasi Google tersebut, dibuat oleh banyak vendor, dan semua disebut Android. Berbeda dengan iPhone yang menjalankan iOS. "iPhone adalah buatan Apple," terang Cook.

Pernyataan Cook tersebut muncul setelah dirinya ditanya mampukah Apple bersaing dengan Windows di ranah komputer pribadi dan Android di ranah smartphone.

Menurutnya, Apple tidak bisa dibandingkan dengan Microsoft atau Android. Cook mengatakan bahwa alasan mengapa Mac tertinggal dari Windows adalah, komputer Mac tidak memiliki aplikasi kunci yang dijadikan andalan. Karena itu, konsumen lebih banyak memilih Windows.

Di era 80-an memang Apple memimpin dengan komputer Mac. Namun, Microsoft kemudian mengambil alih dan terus memimpin.

Kini, Apple sukses dengan perangkat smartphone iPhone. Namun, iPhone dihadang dengan dominasi Android yang secara keseluruhan pangsa pasarnya mencapai 80 persen. Samsung memimpin sebagai produsen Android terbesar di dunia.

Saat membandingkan iPhone dengan smartphone Android, Cook mengatakan, "Android itu luas, banyak hal di dalamnya." Ia berpendapat bahwa kadang orang tak menyadari bahwa perangkatnya itu menggunakan sistem Android. Cook mencontohkan tablet Kindle buatan Amazon, yang menaruh banyak aplikasinya di atas Android.

Android, masih menurut Cook, tidak bisa dibandingkan dengan Windows, karena Android itu pasarnya terpecah-pecah (fragmentasi).

iPhone juga diklaim oleh Cook memiliki keunggulan dalam hal aplikasi. iPhone kini memiliki jutaan aplikasi di App Store, dan 500 ribu aplikasi di antaranya dioptimalkan untuk iPad. Sementara Android menurutnya hanya memiliki sekitar 1000-an aplikasi yang didesain khusus untuk tablet.

"Itulah satu dari berbagai alasan, mengapa pengalaman menggunakan tablet Android itu tidak nyaman, karena tampilan aplikasinya hanya seperti diperlebar dari versi smartphone," ujar Cook.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.