Google dan Foxconn Kerja Sama Bikin Robot

Kompas.com - 13/02/2014, 08:28 WIB
Penulis Deliusno
|
EditorAditya Panji
KOMPAS.com — Foxconn, yang juga dikenal dengan nama Hon Hai Precision Industry, dikabarkan menjalin kerja sama dengan Google. Kabar yang beredar di industri teknologi menyatakan, keduanya sedang mengembangkan proyek robotika.

Namun, jangan membayangkan kalau Foxconn dan Google sedang mengembangkan robot berbentuk manusia. Keduanya digosipkan sedang mengerjakan robot untuk kegiatan industri.

Untuk ke depannya, robot hasil kerja sama antara keduanya diharapkan dapat menggantikan peran manusia untuk keperluan manufaktur, seperti merakit dan mengepak produk.

Kerja sama di antara Google dan Foxconn sendiri sudah dimulai sejak 2013 lalu. Seorang sumber, yang namanya tidak mau disebut, membeberkan bahwa Andy Rubin, pemimpin proyek robotika Google, sudah bertemu dengan Terry Gou, Chairman Foxconn, untuk berdiskusi masalah robotika ini.

Dalam pertemuan itu, Rubin memamerkan teknologi robot yang telah dimiliki oleh Google. Gou, seperti dikutip dari Wall Street Journal, Kamis (13/2/2014), menyatakan ketertarikannya terhadap teknologi yang didemokan ini.

Rubin meminta Gou untuk membantu mengintegrasikan robotika yang dimiliki Google di pabrik Foxconn, sebuah permintaan yang mungkin akan sulit ditolak. Pasalnya, Foxconn memang sedang mempertimbangkan untuk mengganti tenaga kerja manusia dengan robot.

Penggantian tenaga kerja manusia dengan robot sendiri dikatakan bakal mampu menghemat biaya bagi Foxconn. Saat ini, perusahaan perakit iPhone ini memiliki lebih dari satu juta tenaga kerja.

Kerja sama di antara Google dan Foxconn ini boleh jadi dapat menguntungkan kedua belah pihak. Google saat ini membutuhkan tempat untuk uji coba robotika yang dimilikinya. Sementara itu, Foxconn butuh teknologi tersebut untuk kegiatan manufakturnya.

Google sendiri, sejak awal 2013, telah membeli 9 perusahaan robotika. Beberapa perusahaan yang dibeli di antaranya adalah Schaft asal Jepang; pembuat kamera robotika Bot & Dolly; dan Boston Dynamics, perusahaan robotika yang banyak bekerja sama dengan MIT.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.