Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Google dan Foxconn Kerja Sama Bikin Robot

Kompas.com - 13/02/2014, 08:28 WIB
Deliusno

Penulis

KOMPAS.com — Foxconn, yang juga dikenal dengan nama Hon Hai Precision Industry, dikabarkan menjalin kerja sama dengan Google. Kabar yang beredar di industri teknologi menyatakan, keduanya sedang mengembangkan proyek robotika.

Namun, jangan membayangkan kalau Foxconn dan Google sedang mengembangkan robot berbentuk manusia. Keduanya digosipkan sedang mengerjakan robot untuk kegiatan industri.

Untuk ke depannya, robot hasil kerja sama antara keduanya diharapkan dapat menggantikan peran manusia untuk keperluan manufaktur, seperti merakit dan mengepak produk.

Kerja sama di antara Google dan Foxconn sendiri sudah dimulai sejak 2013 lalu. Seorang sumber, yang namanya tidak mau disebut, membeberkan bahwa Andy Rubin, pemimpin proyek robotika Google, sudah bertemu dengan Terry Gou, Chairman Foxconn, untuk berdiskusi masalah robotika ini.

Dalam pertemuan itu, Rubin memamerkan teknologi robot yang telah dimiliki oleh Google. Gou, seperti dikutip dari Wall Street Journal, Kamis (13/2/2014), menyatakan ketertarikannya terhadap teknologi yang didemokan ini.

Rubin meminta Gou untuk membantu mengintegrasikan robotika yang dimiliki Google di pabrik Foxconn, sebuah permintaan yang mungkin akan sulit ditolak. Pasalnya, Foxconn memang sedang mempertimbangkan untuk mengganti tenaga kerja manusia dengan robot.

Penggantian tenaga kerja manusia dengan robot sendiri dikatakan bakal mampu menghemat biaya bagi Foxconn. Saat ini, perusahaan perakit iPhone ini memiliki lebih dari satu juta tenaga kerja.

Kerja sama di antara Google dan Foxconn ini boleh jadi dapat menguntungkan kedua belah pihak. Google saat ini membutuhkan tempat untuk uji coba robotika yang dimilikinya. Sementara itu, Foxconn butuh teknologi tersebut untuk kegiatan manufakturnya.

Google sendiri, sejak awal 2013, telah membeli 9 perusahaan robotika. Beberapa perusahaan yang dibeli di antaranya adalah Schaft asal Jepang; pembuat kamera robotika Bot & Dolly; dan Boston Dynamics, perusahaan robotika yang banyak bekerja sama dengan MIT.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com