Flappy Bird Mengubah Wajah Industri Game Vietnam

Kompas.com - 13/02/2014, 09:10 WIB
EditorReza Wahyudi
Game ponsel populer “Flappy Bird” sederhana tapi membuat frustasi dengan tingkat kerumitan yang tinggi. Tapi ketika kepopuleran game tersebut menanjak, penciptanya menarik game itu dari pasaran.

Flappy Bird, walaupun secara mengejutkan sulit dan membuat kecanduan, telah menjadi sensasi global. Minggu lalu, Flappy Bird menjadi game yang paling banyak diunduh di perangkat iOS dan ponsel yang menggunakan sistem operasi Google, Android.

Game ini menggunakan grafik yang sederhana, yang mengingatkan orang pada “Super Mario Bros” di Nintendo, game video klasik dari tahun 1980an, para pemain game menuntun burung antara pipa-pipa rusak dengan menekan layar ponsel.

Game ponsel adalah bisnis besar, banyak perusahaan mempekerjakan tim programer untuk membuat game yang populer. Tapi developer indie Nguyen Ha Dong mengatakan ia hanya butuh beberapa hari untuk menciptakan Flappy Bird.

Kesuksesan game tersebut tidak terduga sebelumnya, dan tidak bisa dijelaskan, sama seperti hit Gangnam Style milik bintang pop Korea Psy, kata editor TechinAsia, Anh Minh Do.

“Saya bicara tentang bagaimana orang-orang meniru prinsip-prinsip Angry Birds, dan saya pikir orang-orang akan mencoba meniru prinsip-prinsip Flappy Bird. Mungkin kepopuleran Flappy Bird tidak bisa ditiru, Mungkin ini adalah salah satu kebetulan... Saya pikir sulit untuk mengulangi kesuksesanya,” ujar Minh.

Tapi menjadi terkenal tampaknya hal yang terlalu mengejutkan untuk pencipta game tersebut yang masih berusia 29 tahun, Nguyen Ha Dong, yang berasal dari Hanoi. Dalam tweet di akun Twitter miliknya beberapa hari ini, Dong mengatakan ia menarik game tersebut dari peredaran karena perhatian yang diterimanya terlalu berlimpah.

“Saya bisa menyatakan Flappy Bird sebagai kesuksesan saya. Tapi ini juga menghancurkan kehidupan saya yang sederhana. Jadi saya membencinya sekarang,” tulisnya.

Tapi walaupun Flappy Bird sudah "Game Over", para ahli berharap warisan Dong bisa tinggal lebih lama di Vietnam.

Vietnam adalah pasar game online terbesar di Asia Tenggara dengan penghasilan lebih dari $250 juta pada 2013.

Halaman:
Baca tentang


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.