Karya Stanmeyer Terbaik di World Press Photo

Kompas.com - 15/02/2014, 09:16 WIB
John Stanmeyer mengambil foto ini di Djibouti, transit migran Afrika ke Eropa. John Stanmeyer via AFPJohn Stanmeyer mengambil foto ini di Djibouti, transit migran Afrika ke Eropa.
EditorReza Wahyudi
Foto beberapa migran Afrika yang mengangkat telepon genggam di bawah temaram sinar bulan di pantai Djibouti untuk mendapatkan sinyal seluler ditetapkan sebagai foto terbaik penghargaan World Press Photo tahun ini.

Foto ini diambil oleh fotografer asal Amerika Serikat, karya John Stanmeyer.

Ribuan warga Afrika mencoba menyeberang ke Eropa atau Timur Tengah setiap tahunnya untuk mencari penghidupan yang lebih baik, namun ratusan orang tewas dalam upaya tersebut.

Salah seorang juri di penghargaan World Press Photo, Susan Linfield, mengatakan foto ini memotret para migran sebagai manusia yang bermartabat, bukan sebagai orang-orang yang menyedihkan.

Hampir 100.000 foto diikutkan di lomba tahunan ini yang dibagi menjadi 18 kategori.

Stanmeyer tengah mengerjakan penugasan untuk National Geographic ketika mengambil foto ini.

Migran ini mengangkat ponsel dengan harapan bisa menangkap sinyal dari negara tetangga Somalia yang memiliki tarif lebih murah.

Djibouti di Tanduk Afrika dikenal sebagai kawasan transit ke Eropa dan Timur Tengah.



25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X