Android Nokia, Minus Google Maps dan Play Store?

Kompas.com - 15/02/2014, 20:02 WIB
Bocoran perangkat ponsel Android Nokia @evleaksBocoran perangkat ponsel Android Nokia "Normandy"
EditorReza Wahyudi
KOMPAS.com - Kehadiran smartphone Nokia berbasis Android semakin dekat. Berbagai rumor dan bocoran informasi seperti foto, spesifikasi, hasil pengujian, dan tampilan antarmukanya bergantian bermunculan.

Dari rumor-rumor tersebut yang paling mengundang pertanyaan adalah apakah Nokia X atau Normandy akan mengusung tampilan seperti Android dan menggunakan layanan-layanan milik Google, seperti Play Store dan Maps.

Menurut sumber KompasTekno yang telah melihat langsung perangkat tersebut di Jakarta, Normandy tidak benar-benar mengusung tampilan Android layaknya ponsel-ponsel Android yang telah beredar.

Tampilan ponsel Android Nokia akan mengadopsi tampilan "Metro" ala Windows Phone. Desain Metro memang identik dan menjadi ciri khas sistem operasi Windows 8 dan Windows Phone yang dikembangkan Microsoft. Metro mengacu kepada gaya kotak-kotak.

Meski demikian, tampilan Metro di Normandy tersebut hanya muncul sebagai tampilan Home Screen, bila digeser ke bawah akan muncul tampilan icon-icon khas Android.


Nokia Normandy.
Nokia Normandy memang akan menggunakan Android 4.4 Kitkat yang telah dimodifikasi, sehingga Nokia dapat bebas memodifikasi tampilan antarmukanya.

Dengan kebebasannya itu, Nokia memodifikasi antarmuka Android pada Normandy agar semirip mungkin dengan Windows Phone, sistem operasi yang digunakan pada seri Lumia. Dengan cara ini, Nokia tidak akan kehilangan ciri khas pada perangkatnya, meskipun menggunakan Android.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Tanpa layanan Google?

Selain tampilan, Nokia pun memilih memakai layanan buatannya sendiri ketimbang memakai produk Google, seperti Gmail, Google Maps, Google Search, dan toko aplikasi Android Play Store.

Masih menurut sumber tepercaya KompasTekno, Nokia dipastikan menanggalkan layanan Google Play Store dan aplikasi Google Maps.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X