Pengadilan Nyatakan Apple Siri Tidak "Berbohong"

Kompas.com - 16/02/2014, 17:44 WIB
Apple Siri MashableApple Siri
Penulis Aditya Panji
|
EditorAditya Panji
KOMPAS.com - Pengadilan Distrik Amerika Serikat di Oakland, California, memenangkan Apple dalam kasus gugatan konsumen iPhone 4S atas fitur perintah suara Siri yang dinilai tidak sesuai dengan janji di iklan.

Konsumen yang mengajukan gugatan mengatakan, Siri tidak mengerti pertanyaan mereka atau tidak dapat mencari tempat yang mereka tanyakan.

Hakim Pengadilan Distrik Amerika Serikat di Oakland, California, Claudia Wilken mengatakan, konsumen tidak mengidentifikasi pernyataan Apple secara spesifik. "Apple tidak membuat janji bahwa Siri akan beroperasi tanpa gagal," kata Wilken dalam putusannya.

"Seorang konsumen yang mengerti akan memahami bahwa iklan yang menggambarkan sebuah produk dimaksudkan untuk tidak mempromosikan upaya gagal."

Ben Barnow, pengacara konsumen yang mengajukan gugatan, tidak segera menanggapi permintaan wawancara dari Bloomberg.

Dalam gugatan, para konsumen iPhone menyatakan bahwa Apple mengklaim Siri bertindak sebagai asisten pribadi yang "akan mendengarkan, mengerti Anda, dapat menjawab pertanyaan Anda, dan bahkan menyelesaikan tugas-tugas Anda."

Sebelumnya, konsumen iPhone 4S bernama Frank M. Fazio asal New York, juga pernah mengajukan gugatan kepada Apple pada Maret 2012, dengan tuduhan membuat iklan televisi komersial palsu tentang kemampuan Siri.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Fazio mengklaim, Siri jauh dari responsif. Ketika ia meminta penunjuk jalan ke lokasi tertentu, atau mencari sebuah toko, Siri sering tidak memahami apa yang diperintahkan. Bahkan, setelah menunggu cukup lama, Siri memberi jawaban yang salah.

Kala itu, pihak penggugat menyatakan Siri adalah sebuah produk yang masih dalam pengembangan.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Sumber Bloomberg
Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.