Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pendompleng Flappy Bird Mulai Dibasmi?

Kompas.com - 17/02/2014, 10:28 WIB
Reska K. Nistanto

Penulis

Sumber The Verge

KOMPAS.com — Setelah ditariknya game Flappy Bird dari toko aplikasi Apple dan Google, banyak game-game tiruan dan palsu yang mencoba mengambil untung. Bahkan, sebelumnya juga diberitakan beredar game Flappy Bird yang mengandung malware.

Gerah dengan fenomena tersebut, Apple dan Google mencoba mencegah hal tersebut terjadi di toko aplikasinya. Karena itu, dua toko aplikasi besar tersebut memutuskan untuk menolak game baru dengan judul yang mengandung kata "Flappy".

Saat ini, beredar game Flappy Fish, Flappy Pig, atau Splashy Fish yang game play-nya mirip dengan Flappy Bird. Namun, dikutip dari The Verge (16/2/2014), beberapa developer game melaporkan bahwa Apple dan Google tidak memperbolehkan game yang ingin mendapatkan untung dari popularitas Flappy Bird.

Pada Jumat (14/2/2014), seorang developer berkicau di akun Twitter-nya yang mengatakan game Flappy Dragon buatannya ditolak Apple dengan alasan nama aplikasinya mencoba mengambil untung dari aplikasi populer lain.

Sementara Google menolak dengan menyertakan pemberitahuan, "Jangan menggunakan keyword yang tidak berhubungan atau yang bisa membingungkan dalam deskripsi, judul, atau metadata aplikasi."

Setelah tweet tersebut beredar, muncul kicauan dari developer-developer lain yang mengeluhkan hal yang sama. Dengan demikian, Apple dan Google menyarankan developer game untuk mengubah atau mengganti judul game mereka.

Juru Bicara Apple mengatakan, Apple tidak menolak game dengan judul "Flappy," tetapi berupaya melindungi konsumennya dari penipuan. Konsumen bisa berpikir jika game tersebut adalah game pengganti atau masih berhubungan dengan game Flappy Bird asli.

Selain menolak game-game baru, game yang telah beredar di toko aplikasi Apple dan Google pun harus mengubah namanya, seperti game Flappy Bee yang kini mengubah namanya menjadi Jumping Bee.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Sumber The Verge

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com