Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Microsoft Office Segera Sambangi iPad?

Kompas.com - 17/02/2014, 13:25 WIB
Deliusno

Penulis

Sumber ZDNet
KOMPAS.com - Masa penantian para pengguna iPad untuk menggunakan aplikasi Office tampaknya akan segera berakhir. Menurut beberapa sumber, Microsoft tengah bersiap untuk menghadirkan aplikasi tersebut untuk tablet besutan Apple.

Kumpulan aplikasi untuk kegiatan pekerjaan ini sendiri sebenarnya sudah cukup lama hadir di platform iOS, yaitu sejak Juni 2013 lalu. Namun, tak semua perangkat bisa menggunakan Office karena piranti lunak ini hanya tersedia untuk iPhone.

Menurut beberapa sumber kepada situs ZDNet, meski sudah berselang cukup lama setelah peluncurannya di iPhone, Microsoft tidak pernah melupakan Office untuk iPad. Perusahaan yang baru saja berganti pemimpin tersebut dikatakan akan langsung merilis Office, segera setelah masa pengembangannya selesai.

Kapan tepatnya? Awalnya, Office untuk iPad diprediksi akan dirilis pada pertengahan kedua pada tahun 2014. Namun, masih menurut sumber yang sama, tanggal rilis aplikasi ini sudah dekat, yaitu di pertengahan pertama tahun 2014.

Artinya, para pengguna iPad sudah bisa menikmati aplikasi Office setidaknya sebelum bulan Juni berakhir.

Sayangnya, belum dijelaskan bagaimana cara pemakaian Office untuk iPad ini. Sebagai gambaran, para pengguna iPhone memerlukan lisensi Office 365 (paket software Office berbasis cloud) untuk bisa dipakai. Para pemilik iPhone yang sudah berlangganan Office 365 bisa mengunduh Office untuk iOS secara gratis dari toko aplikasi App Store. Biaya lisensi untuk Office 365 mencapai 100 dollar AS per tahun untuk versi Home Premium.

Meski seakan "menyerahkan" software andalannya ke platform lain, Microsoft sebenarnya sedang menyiapkan senjata sendiri. Mereka diketahui sedang mengembangkan aplikasi Office dengan nama kode "Gemini", yang didesain untuk perangkat sentuh, seperti tablet dan smartphone, dan memiliki tampilan metro.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber ZDNet
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com