Microsoft Office Segera Sambangi iPad?

Kompas.com - 17/02/2014, 13:25 WIB
Microsoft Office MicrosoftMicrosoft Office
Penulis Deliusno
|
EditorWicak Hidayat
KOMPAS.com - Masa penantian para pengguna iPad untuk menggunakan aplikasi Office tampaknya akan segera berakhir. Menurut beberapa sumber, Microsoft tengah bersiap untuk menghadirkan aplikasi tersebut untuk tablet besutan Apple.

Kumpulan aplikasi untuk kegiatan pekerjaan ini sendiri sebenarnya sudah cukup lama hadir di platform iOS, yaitu sejak Juni 2013 lalu. Namun, tak semua perangkat bisa menggunakan Office karena piranti lunak ini hanya tersedia untuk iPhone.

Menurut beberapa sumber kepada situs ZDNet, meski sudah berselang cukup lama setelah peluncurannya di iPhone, Microsoft tidak pernah melupakan Office untuk iPad. Perusahaan yang baru saja berganti pemimpin tersebut dikatakan akan langsung merilis Office, segera setelah masa pengembangannya selesai.

Kapan tepatnya? Awalnya, Office untuk iPad diprediksi akan dirilis pada pertengahan kedua pada tahun 2014. Namun, masih menurut sumber yang sama, tanggal rilis aplikasi ini sudah dekat, yaitu di pertengahan pertama tahun 2014.

Artinya, para pengguna iPad sudah bisa menikmati aplikasi Office setidaknya sebelum bulan Juni berakhir.

Sayangnya, belum dijelaskan bagaimana cara pemakaian Office untuk iPad ini. Sebagai gambaran, para pengguna iPhone memerlukan lisensi Office 365 (paket software Office berbasis cloud) untuk bisa dipakai. Para pemilik iPhone yang sudah berlangganan Office 365 bisa mengunduh Office untuk iOS secara gratis dari toko aplikasi App Store. Biaya lisensi untuk Office 365 mencapai 100 dollar AS per tahun untuk versi Home Premium.

Meski seakan "menyerahkan" software andalannya ke platform lain, Microsoft sebenarnya sedang menyiapkan senjata sendiri. Mereka diketahui sedang mengembangkan aplikasi Office dengan nama kode "Gemini", yang didesain untuk perangkat sentuh, seperti tablet dan smartphone, dan memiliki tampilan metro.Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email



Sumber ZDNet
Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.