Legria Mini, Kamera Video untuk Penggemar "Selfie"

Kompas.com - 18/02/2014, 12:27 WIB
Camcorder Canon Legria Mini oik yusuf/ kompas.comCamcorder Canon Legria Mini
Penulis Oik Yusuf
|
EditorWicak Hidayat
Camcorder Canon Legria Mini

KOMPAS.com - Era internet dan perangkat digital telah membawa perubahan dalam perilaku konsumen. Konten video misalnya, dapat dengan mudah direkam dan dibagi-bagikan lewat media sosial tanpa perlu lagi berurusan dengan proses capture kaset yang merepotkan.

Nah, Canon selaku salah satu produsen perangkat digital imaging terbesar rupanya mencium adanya peluang bisnis dalam salah satu fenomena yang belakangan mengemuka, yaitu kegemaran merekam video diri sendiri.

Seri Camcorder mungil bernama Legria Mini pun diluncurkan. Produk ini secara khusus dibuat untuk memudahkan pengguna untuk merekam video "selfie" dengan lensa wide angle.

oik yusuf/ kompas.com
Legria Mini menghasilkan rekaman gambar wide-angle dengan distorsi. Pengambilan gambar pun menjadi mudah karena subyek video dapat dengan gampang dijaga agar tidak keluar frame

"Kami memperoleh inspirasinya lewat analisa mendalam, di mana ditemukan bahwa konsumen -terutama kaum wanita- sangat suka mengambil gambar diri mereka sendiri," ujar Group Executive divisi Produk Video Canon, Hiroo Edakubo, ketika ditemui wartawan KompasTekno, Oik Yusuf, di markas besar Canon di Tokyo, Rabu (12/2/2014) lalu.

Sesuai tujuannya, Legria Mini dilengkapi berbagai fasilitas untuk memudahkan perekaman video ala selfie. Camcorder yang muat di telapak tangan ini, misalnya, dilengkapi layar LCD yang bisa ditekuk agar menghadap pengguna. Layar ini juga bisa ditekuk ke arah sebaliknya.

Di bagian bawah terdapat kaki berengsel yang bisa dipakai untuk mengatur sudut pengambilan gambar tanpa butuh tripod. Tentu, untuk kebebasan lebih, lubang sekrup untuk tripod juga disediakan di sisi bawah perangkat. Kaki dan layar itu bisa dilipat untuk meringkaskan ukuran Legria Mini agar muat di kantung.

oik yusuf/ kompas.com
Ketika dilipat, Legria Mini sangat ringkas sehingga bisa muat di kantung pakaian dengan mudah

Lensa Legria Mini memiliki cakupan  yang terbilang sangat luas, mencapai 170 derajat saat perekaman foto dan 160 derajat ketika dipakai merekam video. Alhasil, proses framing gambar pun relatif mudah. Selesai merekam, video hasilnya bisa ditransfer ke smartphone melalui aplikasi CameraAccess Plus yang tersedia di platform iOS dan Android.

Berdasarkan pantauan KompasTekno di arena pameran fotografi CP+ 2014 di Yokohama, Jepang, Kamis (13/2/2014) lalu, barrel distortion yang muncul pada rekaman Legria Mini menguatkan kesan wide-angle, sekaligus membuat hasil tangkapan gambar terlihat mirip dengan kamera yang dipasangi lensa fisheye.

Saat ini, Legria Mini sudah memiliki penerus bernama Legria Mini X yang diperkenalkan pada CES 2014, Januari lalu. Camcorder tersebut memiliki kemampuan perekaman gambar yang lebih canggih, didukung sensor 12 megapixel dan prosesor Digic DV4.

oik yusuf/ kompas.com
Legria Mini X, salah satu model terbaru dari lini produk camcorder mini Canon yang mengandalkan kualitas suara prima

Kualitas video tangkapannya mencapai full-HD (1920x1080) dalam format MP4 dan AVCHD (50i). Kelebihan lain yang ditonjolkan lewat Legria Mini X adalah kemampuan merekam suara berkualitas tinggi dalam format Linear PCM (16-bit/ 48 KHz). Ini membedakannya dari perangkat lain yang bisa merekam video semacam smartphone dan kamera foto, yang umumnya kurang memperhatikan kualitas suara.

Seri Legria Mini bakal menjadi salah satu produk andalan dari divisi video Canon dalam menghadapi kompetisi dari gadget mobile dan kamera still picture. "Ke depannya, kami akan menawarkan lebih banyak lagi produk seperti ini," ujar Edakubo.



Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X