Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

"Flashdisk" Terkencang SanDisk Dijual Rp 2,7 Juta

Kompas.com - 20/02/2014, 10:44 WIB
Oik Yusuf

Penulis

Flashdrive SanDisk Extreme Pro USB 3.0

KOMPAS.com - Berkat teknologi USB 3.0, media penyimpanan eksternal, seperti flashdisk bisa mencapai kecepatan transfer data luar biasa. Para produsen perangkat storage pun berlomba membuat produk yang bisa memanfaatkan kelebihan USB 3.0.

Salah satunya SanDisk, yang meluncurkan seri flashdisk bernama Extreme Pro USB 3.0 di pasaran Indonesia.

Extreme Pro USB 3.0 merupakan produk yang bercokol di urutan teratas hierarki produk flash drive SanDisk, kecepatan transfer datanya yang mencapai 260 MB per detik (read) dan 240 MB per detik (write) adalah yang terkencang dibandingkan flash drive lainnya dari pabrikan  itu.

Country Manager SanDisk untuk Indonesia, Idris Effendi, mengklaim bahwa Extreme Pro USB 3.0 mampu menghantarkan data 60 kali lebih kencang dibandingkan flash drive dengan teknologi USB 2.0. "Film pun bisa ditransfer dalam hitungan detik, bukan film kecil, tapi yang berkualitas Blu-ray," ujar Idris dalam acara peluncuran di Jakarta, Rabu (19/2/2014).

Untuk membuktikan ucapannya, Idris mendemonstrasikan kebolehan Extreme Pro USB 3.0. Dalam software benchmark CrystalDiskMark, terlihat bahwa kecepatan baca dan tulis Extreme Pro USB 3.0 memang mampu menyamai klaim SanDisk. File berukuran sekitar 1,5 GB pun bisa dikopi dalam waktu kurang dari 7 detik.

Di samping kecepatan tinggi, Extreme Pro USB 3.0 juga mengandalkan sejumlah fitur lain, seperti casing aluminium yang disebut bisa menambah daya tahan fisik perangkat ini, dan enkripsi AES 128-bit dengan password untuk melindungi file pengguna.

SanDisk Extreme Pro USB 3.0 yang hanya ditawarkan dalam kapasitas 128 GB kini sudah tersedia di pasaran Indonesia dengan banderol Rp 2.700.000. Walau terbilang mahal untuk kantong kebanyakan konsumen, Idris mengaku tetap optimis. "Di Indonesia itu, pangsa barang high-end cukup tinggi," tandasnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com