Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Flashdisk "Ultra Dual" Bisa Colok di Android dan PC

Kompas.com - 20/02/2014, 13:44 WIB
Oik Yusuf

Penulis

Country Manager SanDisk untuk Indonesia, Idris Effendi, mendemonstrasikan manajemen file SanDisk Ultra Dual USB Drive di smartphone melalui aplikasi Memory Zone dalam acara peluncuran di Jakarta, Rabu (19/2/2014)

KOMPAS.com - Perkembangan perangkat mobile yang sangat pesat turut dimanfaatkan oleh SanDisk. Produsen yang dikenal lewat jajaran produk storage berbasis flash memory ini meluncurkan produk flash drive bernama "Ultra Dual USB Drive" yang ditujukan untuk para pengguna gadget.

SanDisk Ultra Dual USB Drive merupakan flash drive "dual interface" yang memiliki dua buah konektor USB, yaitu konektor "tipe-A" yang biasa dipakai pada PC/laptop dan micro-USB yang umum ditemukan pada gadget mobile.

Alhasil, SanDisk Ultra Dual USB Drive bisa dipakai untuk memindahkan data dengan mudah dari perangkat mobile (Android) seperti smartphone ke PC dan sebaliknya. Bisa pula ke perangkat mobile lain yang sama-sama memiliki fungsi USB On the Go (OTG) yang diperlukan agar flash drive ini bisa dipakai.

"Memang, tak semua perangkat mobile mendukung USB OTG. Tapi rata-rata produk terdepan sudah menyertakan dukungan," ujar Country Manager SanDisk untuk Indonesia, Idris Effendi, dalam acara peluncuran di Jakarta, Rabu (19/2/2014).

oik yusuf/ kompas.com
SanDisk Ultra Dual USB Drive dibekali dua buah konektor USB, yaitu tipe A (kiri) dan micro-USB

Dikarenakan standar OTG yang masih terpaku pada USB 2.0, SanDisk Ultra Dual USB Drive pun hanya mampu "berlari" sesuai dengan batasan itu. Menurut Idris, kecepatannya berkisar di angka 15 MB per detik.

Sebagai sarana manajemen data, seperti untuk melakukan operasi copy, paste, membuat folder, dan lain sebagainya, SanDisk turut menyediakan aplikasi Memory Zone yang bisa diunduh dari toko aplikasi Google Play Store.

Ultra Dual USB Drive merupakan produk flash drive USB OTG pertama dari SanDisk yang khusus ditujukan bagi pasar mobile. Melalui produk ini, SanDisk berharap bisa menangkap peluang bisnis dari tingginya pertumbuhan gadget mobile di Tanah Air.

"Karena banyak sekali pengguna ponsel di Indonesia, dengan penjualan mencapai jutaan unit per bulan. Ini (Ultra Dual USB Drive) tentunya menjadi salah satu senjata bagi kami untuk masuk ke pasar mobile," kata Idris.

SanDisk Ultra Dual USB Drive sendiri sudah tersedia di pasaran Indonesia dengan pilihan kapasitas 16 hingga 64 GB. Harganya dipatok pada kisaran Rp 195.000 hingga Rp 590.000.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com