Pembuat Candy Crush akan Melantai di Bursa Saham

Kompas.com - 21/02/2014, 14:59 WIB
Candy Crush Saga King.comCandy Crush Saga
Penulis Aditya Panji
|
EditorWicak Hidayat
KOMPAS.com - King, perusahaan yang mengembangkan game Candy Crush Saga, berencana melantai di bursa saham yang berarti mereka siap menjadi perusahaan publik. King telah mengajukan pendaftaran ke Komisi Sekuritas dan Bursa Saham Amerika Serikat (AS).

Belum diketahui berapa lembar saham yang akan dirilis King kepada publik. Namun, King diprediksi bisa mendapatkan tambahan investasi hingga 500 juta dollar AS melalui penawaran umum perdana (initial public offering/IPO).

King diprediksi mengikuti langkah Twitter untuk memilih bursa saham New York Stock Exchange (NYSE), dan akan mengusung simbol "KING."

King tentu ingin seperti Facebook dan Twitter yang sukses di bursa saham. Namun, beberapa analis meragukan kesuksesan King di bursa, karena sejauh ini, perusahaan pengembang game seperti Zynga yang melantai di bursa harus berjuang mempertahankan kesuksesan di masa kejayaan.

Dalam dokumen pengajuan di Komisi Sekuritas dan Bursa Saham AS, King tercatat menghasilkan pendapatan sebesar 1,9 miliar dollar AS pada tahun 2013, atau 5 juta per hari. Pendapatan King pada kuartal keempat 2013 menurun jadi 602 juta dollar AS dari 621 juta dollar AS pada kuartal ketiga 2013.

Menurut analis Mike Hickey dari perusahaan Benchmark, dalam memandang King, pasar akan berkaca dari Zynga. "Tantangan selanjutnya untuk King adalah, mereka harus dapat mempertahankan keterlibatan pengguna dalam permainan Candy Crush yang merupakan produk utama mereka, dan itulah masalah mereka terhadap investor," katanya.

Pendiri dan CEO King, Riccardo Zacconi mengatakan, saat ini perusahaan telah meluncurkan lima game untuk perangkat mobile. Dan, menurutnya, semua game itu memiliki basis pengguna yang besar.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

"Pengguna ponsel meningkat dan mereka menghabiskan banyak waktu untuk bermain game," kata Zacconi dalam dokumen pengajuan IPO.

King meluncurkan permainan Candy Crush Saga pertama kali di platform Facebook pada April 2012. Perusahaan lalu merilis permainan tersebut untuk ponsel pintar Android dan iPhone pada November 2012. Game ini diprediksi telah diunduh sebanyak 500 juta kali.

Perusahaan yang didirikan pada Agustus 2003 dan berbasis di London, Inggris, ini mulanya bernama Midasplayer. Para pendirinya adalah Riccardo Zacconi, Sebastian Knutsson, Lars Markgren, Toby Rowland, Thomas Hartwig, dan Patrik Stymne. Mulanya, mereka fokus pada game berbasis web.

Setelah mendapat investasi dari Apax Partners dan Index Ventures pada September 2005, Midasplayer berganti nama menjadi King. Sejak saat itu, mereka mulai membuat game ke berbagai platform, termasuk perangkat mobile.Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Sumber Reuters
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.