Kompas.com - 22/02/2014, 19:59 WIB
Microsoft ReutersMicrosoft
Penulis Aditya Panji
|
EditorWicak Hidayat
KOMPAS.com - Microsoft diam-diam masih mengandalkan sistem operasi Windows 7 edisi Professional, meskipun sejak Oktober 2012, perusahaan itu telah meluncurkan sistem operasi terbarunya Windows 8.

Perusahaan yang didirikan oleh Bill Gates itu memberi izin kepada produsen komputer untuk membuat dan menjual PC yang sudah terpasang Windows 7 edisi Professional hingga batas waktu yang belum ditentukan.

Namun, untuk Windows 7 edisi Home Basic, Home Premium dan Ultimate yang terpasang di PC hanya diizinkan untuk dijual hingga 31 Oktober 2014.

Microsoft
Sebelumnya, Microsoft memperlakukan Windows 7 edisi Professional sama seperti edisi Home Basic, Home Premium, Ultimate, di mana produsen PC hanya diizinkan membundel dan menjualnya hingga 31 Oktober 2014.

Microsoft belum menentukan kapan Windows 7 Professional akan dihentikan penjualannya dari bundel PC.

Senior Manajer Program Bisnis Windows, Shad Larsen mengatakan, perpanjangan izin bundel Windows 7 di PC ini bukan dikarenakan konsumen enggan mengadopsi Windows 8. Alasan utamanya adalah, Windows 7 masih menjadi bagian terbesar dari perangkat lunak Microsoft yang digunakan oleh pelanggan segmen bisnis.

Microsoft berhenti menjual sistem operasi Windows 7 dalam bentuk fisik di pasar pada 30 Oktober 2013. Kendati demikian, Microsoft masih memberi dukungan teknis terhadap pengguna windows 7.

Dalam situs resminya dijelaskan, Microsoft terus memberi dukungan gratis untuk Windows 7 hingga 13 Januari 2015, sementara dukungan yang diperpanjang akan diberikan hingga 14 Januari 2020. Setelah tanggal tersebut, Microsoft tidak akan lagi memperbarui sistem, termasuk keamanan dan patch pada Windows 7.Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email



Sumber ZDNet
Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.