Kompas.com - 22/02/2014, 20:25 WIB
Penulis Aditya Panji
|
EditorWicak Hidayat
KOMPAS.com - Pembocor rahasia intelijen Amerika Serikat, Edward Snowden, terpilih sebagai rektor di Universitas Glasgow di Skotlandia. Mahasiswa telah menghubungi Snowden melalui pengacaranya.

Di Universitas Glasgow, rektor dipilih oleh mahasiswa melalui sebuah pemilihan. Snowden mengalahkan tiga kandidat lain, yatu pesepeda Graeme Obree, penulis Alan Bissett, dan pendeta Kelvin Holdsworth.

Lubna Nowak, salah satu wakil dari kelompok yang menominasikan Snowden, mengatakan, terpilihnya Snowden sebagai rektor merupakan bentuk penolakan mahasiswa atas kegiatan mata-mata yang dilakukan dinas intelijen AS, National Security Agency (NSA).

"Saya pikir kami telah menunjukkan bahwa kami menentang pengawasan massa dan keikutsertaan pihak lain ke kehidupan pribadi kita, dan kami juga berdiri dalam solidaritas," katanya.

Nowak tidak memandang Snowden sebagai seorang pembocor rahasia intelijen AS, melainkan seorang pelapor. "Kami percaya pelapor harus dihormati dan mereka pahlawan, bukan pengkhianat," lanjutnya.

Dalam pemilihan rektor Universitas Gloasgow, Snowden mendapatkan 3.124 suara pada putaran pertama dan 3.347 suara pada putaran kedua. Lawan terkuatnya adalah Kelvin Holdsworth yang mendapat 1.536 suara.

Setiap rektor di Universitas Glasgow harus bekerja selama tiga tahun. Tugasnya antara lain adalah mengelola sumber daya, bekerja dengan dewan perwakilan mahasiswa, dan membawa aspirasi mahasiswa ke manajemen universitas.

"Tentu saja saya menghormati dan sebagai seorang mahasiswa Universitas Glasgow, sekarang saya bisa mengatakan bahwa Edward Snowden adalah rektor kami. Saya pikir ini menakjubkan," tegas Nowak.

Snowden, yang seorang ahli komputer, sebelumnya bekerja sebagai karyawan NSA. Ia membocorkan dokumen rahasia NSA kepada jurnalis bernama Green Greenwald, lalu dipublikasikan di The Guardian pada Juni 2013. Sejak itu, Snowden menjadi buron pemerintah AS.

Snowden saat ini tinggal di Rusia, setelah pemerintah setempat memberi suaka sementara selama setahun sejak Agustus 2013.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Sumber BBC


Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.