Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Snowden Terpilih jadi Rektor di Skotlandia

Kompas.com - 22/02/2014, 20:25 WIB
Aditya Panji

Penulis

Sumber BBC
KOMPAS.com - Pembocor rahasia intelijen Amerika Serikat, Edward Snowden, terpilih sebagai rektor di Universitas Glasgow di Skotlandia. Mahasiswa telah menghubungi Snowden melalui pengacaranya.

Di Universitas Glasgow, rektor dipilih oleh mahasiswa melalui sebuah pemilihan. Snowden mengalahkan tiga kandidat lain, yatu pesepeda Graeme Obree, penulis Alan Bissett, dan pendeta Kelvin Holdsworth.

Lubna Nowak, salah satu wakil dari kelompok yang menominasikan Snowden, mengatakan, terpilihnya Snowden sebagai rektor merupakan bentuk penolakan mahasiswa atas kegiatan mata-mata yang dilakukan dinas intelijen AS, National Security Agency (NSA).

"Saya pikir kami telah menunjukkan bahwa kami menentang pengawasan massa dan keikutsertaan pihak lain ke kehidupan pribadi kita, dan kami juga berdiri dalam solidaritas," katanya.

Nowak tidak memandang Snowden sebagai seorang pembocor rahasia intelijen AS, melainkan seorang pelapor. "Kami percaya pelapor harus dihormati dan mereka pahlawan, bukan pengkhianat," lanjutnya.

Dalam pemilihan rektor Universitas Gloasgow, Snowden mendapatkan 3.124 suara pada putaran pertama dan 3.347 suara pada putaran kedua. Lawan terkuatnya adalah Kelvin Holdsworth yang mendapat 1.536 suara.

Setiap rektor di Universitas Glasgow harus bekerja selama tiga tahun. Tugasnya antara lain adalah mengelola sumber daya, bekerja dengan dewan perwakilan mahasiswa, dan membawa aspirasi mahasiswa ke manajemen universitas.

"Tentu saja saya menghormati dan sebagai seorang mahasiswa Universitas Glasgow, sekarang saya bisa mengatakan bahwa Edward Snowden adalah rektor kami. Saya pikir ini menakjubkan," tegas Nowak.

Snowden, yang seorang ahli komputer, sebelumnya bekerja sebagai karyawan NSA. Ia membocorkan dokumen rahasia NSA kepada jurnalis bernama Green Greenwald, lalu dipublikasikan di The Guardian pada Juni 2013. Sejak itu, Snowden menjadi buron pemerintah AS.

Snowden saat ini tinggal di Rusia, setelah pemerintah setempat memberi suaka sementara selama setahun sejak Agustus 2013.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber BBC
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com