Kompas.com - 24/02/2014, 10:33 WIB
Ilustrasi. Ilustrasi.
Penulis Deliusno
|
EditorReza Wahyudi
KOMPAS.com — Rumor bahwa Google akan meluncurkan jam tangan pintar semakin mendekati kenyataan. Smartwatch Google yang bakal menggunakan sistem operasi Android itu dikabarkan tengah dipersiapkan dan akan diperkenalkan pada Juni mendatang.

Namun, Google tidak akan mengembangkan perangkat jam tangan pintar itu secara mandiri. Raksasa internet tersebut dikatakan akan berkolaborasi dengan perusahaan besar teknologi lain untuk membuat produk wearable ini.

Seorang sumber, yang dikatakan dekat dengan situasi tersebut, membeberkan kepada situs Wall Street Journal, Senin (24/2/2014), Google akan bekerja sama dengan perusahaan elektronik asal Korea Selatan, LG, untuk proses pengembangan dan produksi jam tangan pintarnya.

Akan tetapi, pengembangan dan produksi produk Google ini nantinya tidak akan eksklusif untuk LG saja. Untuk ke depannya, Google bisa saja bekerja sama dengan vendor lainnya.

Strategi seperti itu sudah dilakukan Google untuk produk seri Nexus-nya. Pembuat sistem operasi Android ini telah bekerja bersama dengan berbagai vendor untuk membuat produk smartphone dan juga tablet Nexus.

LG sendiri bukan nama asing bagi Google karena sudah terlibat dalam pengembangan dua seri ponsel Nexus terakhir, yaitu Nexus 4 dan Nexus 5.

Jam tangan pintar, yang sampai saat ini masih belum diketahui namanya, dikabarkan akan diperkenalkan pada ajang temu pengembang aplikasi pada bulan Juni 2014 mendatang.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Sebelumnya, kacamata pintar Google Glass juga diumumkan untuk pertama kalinya pada sebuah ajang serupa beberapa tahun lalu.

Kabar sebelumnya mengungkapkan, jam tangan pintar ini akan terintegrasi erat dengan Google Now, layanan personal assistant dari Google yang mampu menjawab pertanyaan, memberi rekomendasi tentang sesuatu, serta memprediksi informasi apa yang diperlukan oleh pengguna.

Jam tangan pintar Google disebut akan mampu berkomunikasi dengan gadget lain seperti ponsel pintar dan menarik informasi-informasi dari Google Now.

Apabila benar-benar dirilis, Google dan LG akan berhadapan dengan raksasa elektronik lainnya di pasar jam tangan pintar ini. Sebelumnya, Samsung telah merilis dua jam tangan pintar, satu dengan sistem operasi Android dan lainnya dengan platform Tizen. Apple pun dikabarkan akan segera bergabung ke "peperangan" perangkat ini.Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.