Kompas.com - 24/02/2014, 14:58 WIB
CEO Nokai Stephen Elop memperkenalkan Nokia X dalam konferensi pers di MWC 2014, Barcelona, Senin (24/2/2014) The VergeCEO Nokai Stephen Elop memperkenalkan Nokia X dalam konferensi pers di MWC 2014, Barcelona, Senin (24/2/2014)
Penulis Oik Yusuf
|
EditorWicak Hidayat
Mantan CEO Nokia Stephen Elop memperkenalkan Nokia X dalam konferensi pers di MWC 2014, Barcelona, Senin (24/2/2014)

KOMPAS.com — Lama ditunggu, smartphone Android pertama dari Nokia akhirnya benar-benar muncul dan diperkenalkan pada ajang Mobile World Congress (MWC) 2014 di Barcelona, Spanyol.

Yang agak mengejutkan, ponsel Android Nokia ini ternyata terdiri dari tiga jenis perangkat, yaitu Nokia X, Nokia X+, dan XL. Tiga smartphone tersebut diumumkan oleh mantan CEO Nokia Stephen Elop dalam sebuah konferensi pers pada Senin (24/2/2014) waktu setempat.

"Nokia X bisa menjalankan aplikasi Android… serta datang dengan berbagai layanan populer dari Microsoft," ujar Elop, sebagaimana dikutip oleh The Verge.

Layanan Microsoft yang dimaksud antara lain One Drive dan Skype. "Nokia X membawa pengguna ke jaringan cloud milik Microsoft, bukan Google," ujar Elop.

Saat presentasi, Elop tak merinci perbedaan di antara Nokia X dan X+, kecuali bahwa Nokia X+ bakal dilengkapi "memori dan storage extra".

Tentang Nokia X sendiri, adapun kabar-kabar sebelumnya menyebutkan bahwa perangkat itu dibekali layar 4 inci dengan resolusi 800 x 480. Di dalamnya tersemat prosesor dual-core 1 GHz dengan RAM berkapasitas 512 MB. Spesifikasi lain termasuk kamera 3 megapiksel, baterai 1.500 mAh, dan dukungan dual-SIM card.

Update: Nokia telah merilis spesifikasi lengkap dari tiga versi Nokia X dalam situs resminya beberapa saat setelah acara peluncuran, selengkapnya baca: Spesifikasi Lengkap Android Nokia X, X+, dan XL.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Perangkat yang sebelumnya memiliki kode nama "Normandy" ini menjalankan sistem operasi Android Open Source Project (AOSP) dalam antarmuka yang terlihat mirip dengan "Modern UI" ala Windows Phone.

Bukan cuma tampilannya yang berbeda dari ponsel Android pada umumnya. Dari segi layanan yang tersedia, trio Nokia X ini pun tak dibekali dengan layanan-layanan ala Android dari Google, semisal Google Play Store dan Google Maps.

Sebagai pengganti Play Store, aplikasi-aplikasi Android dapat diunduh dari Nokia Store. Toko aplikasi Nokia tersebut telah menyediakan sejumlah judul aplikasi terkenal, seperti Facebook, Twitter, Vine, Swiftkey, Skype, dan BBM.

Halaman Selanjutnya
Halaman:
Baca tentang


Sumber The Verge
Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.