Kompas.com - 24/02/2014, 16:33 WIB
CEO Nokai Stephen Elop memperkenalkan Nokia X dalam konferensi pers di MWC 2014, Barcelona, Senin (24/2/2014) The VergeCEO Nokai Stephen Elop memperkenalkan Nokia X dalam konferensi pers di MWC 2014, Barcelona, Senin (24/2/2014)
Penulis Oik Yusuf
|
EditorWicak Hidayat
Mantan CEO Nokia Stephen Elop memperkenalkan Nokia X dalam konferensi pers di MWC 2014, Barcelona, Senin (24/2/2014)

KOMPAS.com — Nokia secara resmi memperkenalkan tiga ponsel Android miliknya yang bernama Nokia X, Nokia X+, dan Nokia XL. Ketiga perangkat ini diumumkan berbarengan di Barcelona, Spanyol, Senin (24/2/2014) waktu setempat.

Rencananya, trio Android dari Nokia itu akan mulai tersedia dalam beberapa minggu ke depan. Harganya? Nokia X bakal dibanderol seharga 89 euro atau sekitar Rp 1,5 juta, sementara Nokia X+ dan XL masing-masing dihargai 99 euro atau sekitar Rp 1,6 juta, dan 109 euro atau sekitar Rp 1,8 juta.

Itu adalah harga yang diumumkan Nokia dalam ajang Mobile World Congress 2014. Belum diketahui, berapa harga perangkat itu saat hadir secara resmi di Indonesia.

Update: Nokia resmi meluncurkan ponsel pintar Android pertamanya, Nokia X, untuk pasar Indonesia pada Kamis (27/3/2014) di Jakarta. Ponsel ini baru resmi dipasarkan pada 12 April 2014 dengan harga Rp 1,6 juta.

Sesuai dengan kabar yang beredar sebelumnya, lini produk Nokia X mengusung sistem operasi Android, yang dibalut dengan tampilan mirip Windows Phone.

Bukan cuma tampilannya yang berbeda. Dari segi layanan yang tersedia, trio Nokia X ini pun tak dibekali dengan layanan-layanan ala Android dari Google, semisal Google Play Store.

Sebagai gantinya, Nokia menyediakan Nokia App Store miliknya, yang mengusung sejumlah judul aplikasi terkenal, seperti Swiftkey dan BBM. Meski demikian, Nokia X, X+, dan XL tetap bisa menjalankan aplikasi-aplikasi Android.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

"Dengan Nokia X, kami memperoleh keuntungan dari ekosistem aplikasi Android. Kami juga telah membangun fondasi dengan perangkat ini, untuk mengenalkan lebih banyak pengguna ke layanan dan aplikasi Nokia. Pengembang Android juga bisa membawa aplikasi mereka ke Nokia dalam beberapa jam," ujar mantan CEO Nokia, Stephen Elop, sebagaimana dikutip oleh The Inquirer.

Elop menambahkan bahwa Nokia X tersambung ke jaringan cloud milik Microsoft, bukan Google. "Ini berarti bahwa Microsoft bisa merengkuh orang-orang yang sebelumnya berada di luar jangkauan."

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca tentang


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.