Bagaimana Cara Nokia X Masuk Indonesia?

Kompas.com - 24/02/2014, 18:00 WIB
Aditya Panji/KompasTekno
Nokia X saat dijajal tim KompasTekno di Bandung, Jawa Barat, Senin (24/2/2014)
KOMPAS.com — Kehadiran Nokia X, perangkat pertama dari Nokia yang menggunakan sistem operasi Android, telah diumumkan di Barcelona, Spanyol.

Bagaimana cara Nokia X hadir di Indonesia? Ternyata Nokia akan menggandeng salah satu operator telekomunikasi terbesar di Tanah Air, yaitu Telkomsel.

Lewat keterangan resminya, Telkomsel mengatakan akan menjadi rekanan Nokia untuk menghadirkan perangkat tersebut di Indonesia.

Meski belum mengumumkan harga resminya, Telkomsel memberi indikasi bahwa perangkat itu akan hadir dengan harga terjangkau.

"Kehadiran smartphone yang terjangkau seperti Nokia X sangat penting untuk memperkuat ekosistem DNA atau device–network– applications di Indonesia," ungkap Alistair Johnston, Direktur Marketing Telkomsel.

Kehadiran Nokia X diumumkan dalam ajang Mobile World Congress 2014. Perangkat itu akan bisa menjalankan berbagai aplikasi Android. Nokia X juga menawarkan aplikasi gratis, seperti Here Maps atau MixRadio, serta layanan yang populer di Microsoft, seperti Outlook.com dan Skype.
 
Alistair dalam pernyataan itu juga menyebut-nyebut soal operator billing, yaitu cara pembayaran dengan potong pulsa. Selama ini, pembeli aplikasi Android umumnya harus menggunakan kartu kredit untuk bertransaksi.

"Dengan jumlah pengguna loyal yang besar untuk Nokia di jaringan kami, kemitraan strategis dengan Nokia yang telah terjalin lama, termasuk dalam operator billing untuk Nokia Store, serta akses ke dunia aplikasi Android, kami cukup yakin bahwa pasar akan merespons secara positif," tuturnya.

"Kami sangat senang dapat bermitra dengan Telkomsel untuk menawarkan smartphone Nokia X," kata Timo Toikkanen, Executive Vice President Mobile Phones Nokia.

Saat diumumkan, Nokia memasang kisaran harga Rp 1,5 juta (Nokia X) hingga Rp 1,8 juta (Nokia XL). Namun, itu adalah harga resmi saat pengumuman. Belum diketahui berapa harganya saat beredar di Indonesia.


Ikuti perkembangan berita ini dalam topik:
PenulisDeliusno
EditorWicak Hidayat

Close Ads X