Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Facebook "Lempar Handuk" untuk Layanan E-mail

Kompas.com - 25/02/2014, 06:21 WIB
Palupi Annisa Auliani

Penulis

SAN FRANSISCO, KOMPAS.com - Facebook menyatakan "lempar handuk" untuk layanan e-mail di jejaring sosial tersebut.

Raksasa jajaring sosial ini kepada AFP mengatakan bahwa kebanyakan orang tak menggunakan fasilitas e-mail di akun Facebook. "Dan kami fokus pada peningkatan pengalaman layanan pesan mobile kami untuk semua orang," ujar perusahaan itu lewat e-mail.

Facebook meluncurkan fasilitas e-mail pada 2010. Lalu, pada 2012, Facebook menuai serangkaian protes ketika mengalihkan layanan pesan pengguna ke alamat e-mail Facebook secara default.

Proyek tersebut dipandang sebagai upaya Facebook menjegal Gmail, dengan mendorong penggunanya mengalihkan akun e-mail mereka. Namun, Facebook mengakui upaya itu gagal.

"Kami memberitahu orang-orang yang menggunakan e-mail their@facebook.com bahwa fitur tersebut berubah," kata juru bicara perusahaan .

"Ketika seseorang mengirim e-mail Anda ke alamat your@facebook.com, tidak akan lagi masuk ke (folder) pesan Anda di Facebook. Pesan itu akan diteruskan ke alamat akun e-mail utama Anda," lanjut pernyataan itu. Facebook juga menyediakan fasilitas untuk mematikan forwarding pesan ini.

Berita soal Facebook menyerah dengan fasilitas e-mail ini muncul hanya berjeda hari dengan pengumuman kesepakatan senilai 19 miliar dollar AS yang Facebook buat dengan layanan pesan mobile WhatsApp.

Kesepakatan di antara jaringan sosial media beranggota 1,2 miliar orang ini dengan WhatsApp yang dipakai oleh 450 juta orang, kedua platform tetap akan berjalan sendiri dengan pengelola terpisah pula.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com