Facebook "Lempar Handuk" untuk Layanan E-mail

Kompas.com - 25/02/2014, 06:21 WIB
|
EditorPalupi Annisa Auliani

SAN FRANSISCO, KOMPAS.com - Facebook menyatakan "lempar handuk" untuk layanan e-mail di jejaring sosial tersebut.

Raksasa jajaring sosial ini kepada AFP mengatakan bahwa kebanyakan orang tak menggunakan fasilitas e-mail di akun Facebook. "Dan kami fokus pada peningkatan pengalaman layanan pesan mobile kami untuk semua orang," ujar perusahaan itu lewat e-mail.

Facebook meluncurkan fasilitas e-mail pada 2010. Lalu, pada 2012, Facebook menuai serangkaian protes ketika mengalihkan layanan pesan pengguna ke alamat e-mail Facebook secara default.

Proyek tersebut dipandang sebagai upaya Facebook menjegal Gmail, dengan mendorong penggunanya mengalihkan akun e-mail mereka. Namun, Facebook mengakui upaya itu gagal.

"Kami memberitahu orang-orang yang menggunakan e-mail their@facebook.com bahwa fitur tersebut berubah," kata juru bicara perusahaan .

"Ketika seseorang mengirim e-mail Anda ke alamat your@facebook.com, tidak akan lagi masuk ke (folder) pesan Anda di Facebook. Pesan itu akan diteruskan ke alamat akun e-mail utama Anda," lanjut pernyataan itu. Facebook juga menyediakan fasilitas untuk mematikan forwarding pesan ini.

Berita soal Facebook menyerah dengan fasilitas e-mail ini muncul hanya berjeda hari dengan pengumuman kesepakatan senilai 19 miliar dollar AS yang Facebook buat dengan layanan pesan mobile WhatsApp.

Kesepakatan di antara jaringan sosial media beranggota 1,2 miliar orang ini dengan WhatsApp yang dipakai oleh 450 juta orang, kedua platform tetap akan berjalan sendiri dengan pengelola terpisah pula.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.