Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

WhatsApp Janjikan Telepon Gratis Hemat "Bandwidth"

Kompas.com - 25/02/2014, 09:55 WIB
Reska K. Nistanto

Penulis

Sumber CNET
KOMPAS.com - CEO WhatsApp, Jan Koum di ajang Mobile World Congress dalam presentasinya Senin (24/2/2014) mengatakan bahwa layanan pesan instannya akan menyuguhkan layanan suara. Langkah tersebut diambil untuk bersaing dengan layanan messaginglain.

Saat ini, layanan messaging lain seperti BlackBerry Messenger (BBM), Line, dan Skype telah memberikan layanan suara dalam aplikasi pesan instan mereka. Karena itu, WhatsApp merasa perlu memberikan layanan yang serupa untuk menarik minat pengguna.

Menurut Koum, seperti dikutip dari Cnet (24/2/2014), fitur telepon gratis dalam WhatsApp direncanakan akan meluncur pada kuartal kedua 2014.

"Kami ingin agar orang-orang tetap bisa terhubung dengan teman dan orang kesayangan mereka dengan biaya yang murah," ujar Koum. "Karena itu kami akan membawa layanan pesan suara di WhatsApp, kuartal dua tahun ini," imbuhnya.

Lalu apa diferensiasi layanan suara yang akan ditawarkan WhatsApp? Koum menjawab bahwa WhatsApp akan menawarkan bandwidth sekecil mungkin untuk mengantarkan data suara ini. "Fokus kami adalah kesederhanaan," terang Koum.

Layanan WhatsApp Voice tersebut pertama-tama akan diperkenalkan di platform Android dan iPhone. Setelah itu, baru akan dibawa ke platform Windows Phone dan beberapa smartphone BlackBerry.

Dengan meluncurkan layanan suara, maka WhatsApp dianggap akan semakin mengancam keberadaan operator seluler. Perusahaan riset teknologi, Ovum, merinci bahwa operator global diprediksi merugi 23 miliar dollar AS dalam bisnis SMS pada akhir 2012, karena pengguna kini lebih memilih layanan pesan instan.

Setelah SMS, kini komunikasi suara juga bakal terancam, pasalnya layanan suara dalam aplikasi instant messaging akan menggantikan telepon. Data suara kini bisa dialirkan melalui internet, tak lagi melalui jalur pita frekuensi milik operator.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber CNET

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com