Kapan Galaxy S5 Masuk Indonesia?

Kompas.com - 25/02/2014, 10:51 WIB
Samsung Galaxy S5. TheVergeSamsung Galaxy S5.
Penulis Deliusno
|
EditorReza Wahyudi
KOMPAS.com - Samsung sudah resmi membuka tabir misteri ponsel Android terbarunya, Galaxy S5, di sela-sela ajang Mobile World Congress 2014, Barcelona, Spanyol, Senin (24/2/2014) waktu setempat. Namun, masih ada sebuah pertanyaan yang belum terjawab, kapankah perangkat ini akan memasuki pasaran Indonesia?

Soal itu, pihak Samsung sudah memberikan sedikit petunjuk. Di akhir acara peluncuran Galaxy S5, Samsung mengumumkan bahwa mereka akan merilis perangkat tersebut ke pasar global secara bersamaan.

"Pada 11 April, kami akan merilis perangkat luar biasa ini di nyaris 150 negara," ungkap pihak Samsung.

Artinya, dengan mencakup "nyaris di 150 negara" ada kemungkinan besar, Samsung Galaxy S5 akan hadir dalam waktu yang bersamaan dengan negara-negara di Asia, Amerika Serikat, dan Eropa pada 11 April mendatang.

Terlebih, dari pantauan KompasTekno, perangkat yang diduga sebagai Galaxy S5 sudah ada di Indonesia alias tengah diuji di Kominfo.

Galaxy S5 sendiri hadir dengan berbagai hal baru ketimbang generasi sebelumnya. Salah satu fitur andalannya adalah sertifikasi IP67, yang membuatnya tahan air dan juga debu.

Selain itu, Galaxy S5 juga sudah dilengkapi dengan sensor pemindai sidik jari. Sensor yang satu ini diletakkan di tombol Home, yang berada di bagian tengah, di bawah layar. Dengan menggunakan tombol ini, pengguna dapat meng-unlock perangkat, membuka folder "rahasia", dan pembayaran mobile.

Galaxy S5 yang langsung dibekali dengan Android 4.4.2 Kitkat memiliki bentang layar yang lebih besar ketimbang Galaxy S generasi sebelumnya. Galaxy S5 dibekali layar sebesar 5,1 inci, berbanding 5 inci pada Galaxy S4. Keduanya sama-sama menggunakan panel layar Super AMOLED dengan kualitas Full HD.

Dari segi jeroan, Samsung Galaxy S5 dilengkapi dengan spesifikasi yang cukup tinggi. Ponsel ini dipersenjatai dengan prosesor Snapdragon 801 2,5 GHz quad-core, media penyimpanan berkapasitas 16 atau 32 GB, dan baterai 2.800 mAh.

Yang menjadi perhatian, Galaxy S5 hanya dibekali RAM 2 GB, padahal produk Samsung lainnya, Galaxy Note 3, yang dirilis belakangan sudah menggunakan RAM sebesar 3 GB. Sementara Android Sony terbaru, Xperia Z2, juga sudah memakai RAM 3 GB.

Dari sektor kamera, Galaxy S5 mempunyai sensor 16 megapiksel yang memiliki kemampuan merekam dalam kualitas UHD (4K) dan real-time HDR. Di bagian depannya, terdapat kamera 2,1 megapiksel.

Sayangnya, Samsung belum mau membeberkan harga dari Galaxy S5.



25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X