iPad Air dan iPad Mini Retina Display Resmi Masuk Indonesia

Kompas.com - 25/02/2014, 13:59 WIB
iPad Air AppleiPad Air
Penulis Deliusno
|
EditorReza Wahyudi
KOMPAS.com - Setelah lama dinanti, iPad Air dan iPad Mini Retina Display hari ini, Selasa (25/2/2014), resmi dipasarkan di Indonesia. Salah satu peritel resmi penjual produk Apple, iBox, menjadi salah satu pihak pertama yang memasarkan kedua perangkat tablet tersebut di Indonesia.

"Mulai 25 Februari 2014 #iPadAir dan #iPadMiniRetinaDisplay sudah tersedia di iBox," kicau admin iBox pada akun linimasa Twitter-nya.

iBox menyediakan semua versi iPad Air dan iPad Mini, baik versi "WiFi Only" maupun "WiFi+Cellular" dari semua varian kapasitas penyimpanan.

Adapun harga yang dibanderol iBox untuk iPad Air dan iPad Mini Retina Display tidak disebutkan secara rinci. Namun, pihak iBox memberikan rentang harga dari kedua perangkat ini.

iPad Air dijual mulai dari Rp 7,5 juta hingga Rp 14,7 juta. Banderol termurah merupakan harga untuk iPad Air versi WiFi Only dengan kapasitas 16 GB. Sedangkan, iPad Air versi WiFi+seluler 16 GB disebutkan akan dijual dengan harga Rp 9,5 juta.

Sementara, iPad Mini Retina Display dibanderol mulai Rp 6 juta hingga Rp 12,5 juta. Untuk iPad Mini Retina Display versi WiFi+seluler dengan kapasitas 16 GB dipatok sebesar Rp 8 juta.

Banderol harga untuk kedua jenis iPad tersebut jauh lebih mahal ketimbang harga di negara-negara lain. Misalnya, di Amerika Serikat, iPad Air versi WiFi plus seluler dipatok sebesar 629 dollar AS (sekitar Rp 7,3 juta). Sedangkan di iBox, perangkat serupa dibanderol Rp 9,5 juta. (Baca: Daftar Harga iPad Mini Retina Display dan iPad Air)

Menurut Luis Anthony, Marketing Manager iBox, ada dua faktor mengapa harga iPad Air dan iPad Mini Retina Display bisa begitu tinggi di Indonesia. Kedua faktor tersebut adalah bea masuk dan tingginya nilai tukar kurs Rupiah terhadap dollar AS.

Akan tetapi, apabila mata uang Rupiah terus menguat terhadap Dollar AS, Luis tidak menutup kemungkinan adanya pemangkasan atau penyesuaian harga.

"Bisa saja (terjadi pemotongan harga). Kami tidak menutup kemungkinan itu," kata Luis ketika dihubungi KompasTekno.

Baik iPad Air dan iPad Retina Display sama-sama menggunakan prosesor baru, yaitu Apple A7 64-bit. Prosesor ini juga dapat ditemukan di iPhone 5S, ponsel pintar yang belum lama ini dirilis.

Keduanya juga mendukung resolusi layar yang sama, 2048 x 1536 piksel. Apple menyebut resolusi ini sebagai Retina. Perbedaan dari kedua tablet ini terletak dari bentang layarnya. Apabila iPad Air mengusung layar berukuran 9,7 inci, iPad Mini Retina Display hadir dengan layar 7,9 inci.

Kedua perangkat tersebut diperkenalkan untuk pertama kalinya pada Oktober tahun 2013 lalu dan dipasarkan secara resmi di beberapa negara satu bulan sesudahnya.



25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X