Kompas.com - 26/02/2014, 09:13 WIB
Penulis Oik Yusuf
|
EditorWicak Hidayat
Trio ponsel Android Nokia X.

KOMPAS.com - Nokia X, X+, dan XL telah hadir. Tiga perangkat dengan sistem operasi Android 4.1.2 ini menandai kiprah perdana Nokia memasuki ekosistem Android yang sudah dipadati banyak pemain lain di industri mobile.

Nah, kalau dibandingkan, kira-kira di mana posisi kinerja trio smartphone Nokia ini di antara smartphone Android yang telah lebih dulu hadir?

PC World menjalankan dua aplikasi benchmark AnTuTu  dan Sunspider pada Nokia X dan XL, lalu membandingkan skor mereka dengan sejumlah smartphone Android lain.

Hasilnya tak terlalu menggembirakan. Performa ponsel Android Nokia dalam kedua benchmark tersebut ternyata berada di papan bawah dengan hasil skor AnTuTu di pada kisaran 7.500 poin. Angka itu juga lebih rendah dibandingkan smartphone Galaxy S II dari Samsung yang dirilis pada 2011.

PC World turut mencatat bahwa sistem operasi Android berjalan kurang mulus Nokia X dan XL, dengan lag yang terjadi ketika pengguna mencoba memindah-mindahkan tile aplikasi ke sekeliling layar. Lag juga dirasakan ketika meluncurkan aplikasi dan berpindah layar.

PC World
Hasil benchmark Nokia X, X , dan XL yang dijalankan oleh PC World

Meski begitu, aplikasi-aplikasi pihak ketiga dapat dijalankan dengan lancar, begitu pula dengan layanan-layanan dari Microsoft yang menggantikan aneka macam layanan dari Google di ketiga perangkat ini.

Artinya, tak seperti seri Asha dari produsen yang sama, trio Nokia X memang benar merupakan smartphone Android sejati yang bisa menjalankan puluhan ribu aplikasi di platform tersebut.

Soal kinerja sendiri sedari awal memang bukan prioritas Nokia dalam menelurkan tiga perangkat entry-level yang dipersenjatai prosesor dual-core Snapdragon 200 1GHz ini. Nokia X, X+, dan XL pun dibanderol dengan harga relatif terjangkau dalam kisaran Rp 1,5-1,8 juta.

Nokia X dan X+ sama-sama dilengkapi layar 4 inci dengan resolusi 800x400, kamera 3 megapixel, kapasitas memori internal 4GB, dan dukungan dual-SIM. Perbedaan antara keduanya antara lain terletak pada kapasitas RAM Nokia X+ yang lebih besar, yaitu 768 MB berbanding 512 MB pada Nokia X.

Adapun Nokia XL mengusung ukuran layar 5 inci (800x400), RAM 768MB, kapasitas memori internal 4GB, serta kamera 5 megapixel dan 2 megapixel. Informasi selengkapnya mengenai perbedaan spesifikasi ketiga ponsel dapat dilihat di tautan berikut.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca tentang


Video Pilihan

Sumber PC World

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.