Kompas.com - 26/02/2014, 10:13 WIB
|
EditorReza Wahyudi

KOMPAS.com - Samsung telah memperkenalkan lini smartphone terbarunya, Galaxy S5. Ada fenomena menarik yang terjadi sebelum peluncuran ponsel tersebut.

Menjelang pengumuman Galaxy S5 yang dilakukan Samsung di ajang Mobile World Congress 2014 di Barcelona, transaksi penukaran iPhone mendadak meningkat di Amerika Serikat.

Menurut SellCell.com yang menyediakan layanan tukar-tambah smartphone di situsnya, selama satu pekan belakangan, jumlah pengguna yang ingin menukar perangkat iPhone-nya semakin banyak. Mereka berencana untuk "melompat" ke Galaxy S5.

Dikutip dari BGR, Selasa (25/2/2014), volume tukar-tambah iPhone meningkat hingga 48 persen selama akhir pekan kemarin dibanding saat awal bulan. Dampak dari banyaknya yang melakukan tukar tambah tersebut, harga iPhone kian merosot.

Di awal Februari lalu, harga tukar tambah untuk perangkat iPhone 5 adalah 275 dollar AS. Dibandingkan dengan enam bulan lalu harganya masih 337 dollar AS. Sementara, iPhone 4S dan iPhone 4 juga mengalami hal yang sama selama enam bulan terakhir, harga iPhone 4S turun dari 171 ke 115 dollar AS, sementara iPhone 4 turun dari 188 ke 103 dollar AS.

"Statistik kami menunjukkan bahwa saat ada produk baru, harga tukar tambah akan turun, itulah sebabnya harga smartphone juga sering dipangkas jelang peluncuran produk baru," ujar founder SellCell.com, Keir McConomy.

Harga tukar tambah Galaxy S4 di situs SellCell.com juga mengalami penurunan, namun tidak banyak. Harga Galaxy S4 kini berada di kisaran 235 dollar AS, sementara enam bulan lalu 250 dollar AS. Namun, diprediksi harga S4 akan terjun di April nanti saat Galaxy S5 mulai diedarkan.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Sumber BGR

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.