Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Menjajal Lenovo Vibe X, Android 5 Inci Harga Rp 4,5 Juta

Kompas.com - 26/02/2014, 11:52 WIB
Oik Yusuf

Penulis

KOMPAS.com - Pertengahan Januari 2014, Lenovo Vibe X resmi hadir di Indonesia. Ponsel yang pertama kali diperkenalkan dalam gelaran IFA 2013 tahun lalu ini merupakan andalan baru Lenovo di segmen menengah.

Hari Selasa (25/2/2014) kemarin, Lenovo mengadakan sesi roundtable di mana Kompas Tekno berkesempatan menjajal Vibe X. Ikuti hasil penelusuran singkatnya berikut ini.

Unibody

Vibe X mengusung desain unibody di mana cover belakangnya tidak bisa dilepas untuk mengakses baterai. Dimensi fisiknya terbilang sangat tipis dengan ketebalan tak sampai 7 mm.

Meski tipis, ketika coba digenggam, Vibe X terasa nyaman di tangan karena kontur tubuhnya yang berlekuk. Tidak seperti, misalnya, Lenovo K900 yang agak kaku dengan desain kotak, sudut-sudut membulat pada Vibe X membikin ponsel ini terlihat lebih "manis".

oik yusuf/ kompas.com
Tampak depan Lenovo Vibe X
oik yusuf/ kompas.com
Tampak belakang Lenovo Vibe X

Kesan itu diperkuat oleh pinggiran berwarna chrome, kontras dengan bingkai layar di sisi muka Vibe X yang permukaannya hitam mengilap. DI bawah layar terdapat tiga buah softbutton (home, menu, return) dengan lampu-lampu yang akan menyala ketika pengguna berinteraksi dengan Vibe X.

Adapun sisi belakang berwarna putih. Bagian ini diimbuhi tekstur yang cukup berhasil membuat Vibe X terasa kesat di telapak tangan.

Sayang, ada harga yang harus dibayar untuk postur langsing Vibe X, yaitu tidak adanya opsi ekspansi memori dengan micro-SD card. Pengguna harus bergantung pada kapasitas memori internal Vibe X yang sebesar 16 GB untuk menyimpan aplikasi dan konten.

Product Marketing Manager Lenovo Indonesia Andry Sutamto mengatakan bahwa fitur tersebut terpaksa tak disertakan untuk mendukung konsep unibody. "Alasan lainnya adalah untuk mendorong pengguna agar memakai layanan berbasis cloud," imbuh Andry.

Tanpa "laci"

Beralih ke sisi software, Vibe X menjalankan sistem operasi Android 4.2.2 Jelly Bean yang dilapis antarmuka baru dari Lenovo yang memiliki keunikan dibanding skin Android lain, yaitu meniadakan "laci aplikasi" alias App drawer.

App drawer adalah layar kedua di balik homescreen yang memuat semua icon aplikasi yang terpasang di ponsel. Biasanya layar ini diakses melalui icon "apps" berlambang kotak-kotak kecil yang terletak di bawah layar.

oik yusuf/ kompas.com
User interface Lenovo Vibe X menghilangkan app drawer serta menampilkan semua icon dan folder aplikasi di homescreenoi

Nah, dengan menghilangkan app drawer, semua icon dan folder yang memuat aplikasi akan ditampilkan di homescreen. Tak ada layar kedua yang harus diakses untuk mencari aplikasi yang "disembunyikan" sehingga memperpendek waktu akses.

Konsekuensinya, layar homescreen pada Vibe X penuh sesak dengan Icon (dan widget), mirip dengan antarmuka sistem operasi iOS pada iPhone. Untunglah, layar 5 inci full-HD yang dilapis Gorilla Glass 3 milik Vibe X tampil cemerlang dan tajam sehingga deretan icon tersebut paling tidak tampak indah di mata.

oik yusuf/ kompas.com Skor AnTuTu Lenovo Vibe X

Ketika berpindah-pindah antar layar di homescreen, kadang terdapat lag yang sedikit mengganggu. Performa Vibe X sendiri seharusnya masih agak lumayan untuk ukuran smartphone mid-range, dengan prosesor quad-core MediaTek 1,5 GHz berbasis Cortex A7 dan RAM 2 GB.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com