Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Begini Cara Nokia Store Dulang Aplikasi Android

Kompas.com - 26/02/2014, 15:07 WIB
Reska K. Nistanto

Penulis

KOMPAS.com — Nokia tak hanya merilis smartphone Android-nya begitu saja. Perusahaan asal Finlandia tersebut juga telah menyiapkan berbagai cara untuk membanjiri Nokia Store dengan aplikasi Android.

Seperti diketahui, meski menggunakan Android, Nokia X tidak menggunakan layanan Google, termasuk toko aplikasi Play Store. Sehingga, Nokia harus mendorong para pengembang aplikasi (developer) untuk memasukkan aplikasi Android-nya ke Nokia Store.

Salah satunya yang telah dilakukan adalah menyediakan platform SDK (software development kit) Nokia X bagi para pengembang yang ingin membuat aplikasi untuk Nokia X. SDK untuk Nokia X bisa diunduh melalui situs resmi Nokia.

Dalam situs tersebut, Nokia juga menyediakan fasilitas pengujian bagi file .apk para developer jika ingin mencobanya di platform Android Nokia.

Melalui fasilitas pengujian tersebut, developer bisa mengetahui apakah aplikasi yang dikembangkan mereka bisa berjalan lancar di Nokia X atau masih perlu penyempurnaan.

Seperti kita ketahui, Nokia X dibangun berdasar Android Open Source Project dan memiliki custom API untuk in-app payment, HERE Maps, serta Nokia Notifications.

Nokia mengatakan bahwa sekitar 75 persen aplikasi Android yang saat ini terdapat dalam Google Play Store sudah bisa berjalan di Nokia X, tanpa membutuhkan modifikasi.

Sementara sisanya, sekitar 25 persen aplikasi di Play Store saat ini belum bisa digunakan karena alasan ketergantungan terhadap layanan Google. Keterbatasan tersebut umumnya menyangkut pada fitur push notifications, maps, serta in-app payment yang masih menggunakan layanan Google.

Agar bisa digunakan di Nokia X, aplikasi-aplikasi tersebut harus dioprek terlebih dahulu sehingga bisa terhubung dengan layanan milik Nokia sendiri. Nokia mengatakan, proses tersebut bisa dilakukan oleh developer hanya dalam 8 jam.

"Jurus" Nokia Indonesia

Mendukung program di atas, Nokia Indonesia mengadakan acara DVLUP "Porting" Day. Kegiatan ini bertujuan mengajak para pengembang aplikasi mengonversi (porting) aplikasi Android untuk disalurkan melalui toko Nokia Store.

Event yang bisa diikuti oleh pengembang anggota program Developer Level Up (DVLUP) Nokia ini akan diselenggarakan di sejumlah kota di Indonesia, yaitu Bandung, Yogyakarta, Malang, Surabaya, dan Depok, mulai tanggal 26 Februari hingga 8 Maret 2014.

Informasi selengkapnya berikut mekanisme pendaftaran bisa dilihat di tautan ini.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com