Kompas.com - 27/02/2014, 08:51 WIB
|
EditorWicak Hidayat

KOMPAS.com - Nokia akhirnya merilis smartphone dengan sistem operasi Android, Nokia X. Smartphone yang sebelumnya memiliki nama sandi "Normandy" tersebut menjadi langkah pertama Nokia di platform Android.

Keputusan Nokia tersebut ternyata disambut dingin oleh Microsoft. "Sebagai perusahaan, Nokia bebas mau berbuat apa saja, namun ada langkah-langkah Nokia yang kami suka dan ada juga yang tidak," kata Senior Vice President Windows Phone, Joe Belfiore, seperti dikutip The Verge, Selasa (25/2/2014).

Sebagaimana kita ketahui sebelumnya, Microsoft sedang dalam tahap proses mengakuisisi pabrikan ponsel Finlandia tersebut. Divisi riset dan mobile Nokia akan menjadi milik Microsoft, yang notabene sedang mengembangkan platform Windows Phone.

Dalam blog resminya, Microsoft mengatakan bahwa pihaknya senang mengetahui Nokia X menyertakan layanan Microsoft, seperti Skype, OneDrive, dan Outlook.com. Namun Microsoft juga menegaskan bahwa perusahaan tetap fokus dengan strategi utamanya, yaitu membuat smartphone Windows Phone.

Nokia juga nampak berhati-hati dalam press rilis resminya yang dikeluarkan di ajang Mobile World Congress (MWC) Barcelona 2014.

Dalam press rilis tersebut, Nokia terlihat mencoba menghindari penggunaan kata "menjalankan aplikasi Android," alih-alih "pengenalan terhadap layanan Microsoft," atau "terinspirasi oleh keluarga Lumia."

Tak heran jika Nokia sangat berhati-hati, sebab Nokia X memang menyasar segmentasi pasar yang sama dengan smartphone Windows Phone yang dibuat Microsoft, yaitu pasar negara-negara yang berkembang.

Nokia sebenarnya tidak salah sepenuhnya jika mengembangkan smartphone Android. Sebab, jika melihat spesifikasi Nokia X yang mengusung versi Android 4.1.2, alih-alih versi 4.4 KitKat maka bisa disimpulkan bahwa proyek tersebut sudah dimulai paling tidak 18 bulan yang lalu, saat kesepakatan dengan Microsoft belum tercapai.

Nokia X bakal dimatikan Microsoft?

Lalu apakah saat proses akuisisi Microsoft terhadap Nokia nanti selesai, proyek Android X akan dihentikan? Jawabannya bisa ya dan bisa tidak.

Halaman:
Baca tentang


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.