"Game" Indonesia Menang Rp 2,3 Miliar di Spanyol

Kompas.com - 28/02/2014, 19:27 WIB
Screenshot game Sage Fusion 2 KidalangScreenshot game Sage Fusion 2
Penulis Oik Yusuf
|
EditorWicak Hidayat
Screenshot game Sage Fusion 2

KOMPAS.com — Sebuah pengembang game indie asal Bandung, Kidalang, berhasil menjuarai kompetisi pembuatan aplikasi Tizen App Challenge yang diselenggarakan oleh Tizen Association.

Dalam pengumuman pemenang yang dilakukan pada konferensi pers pada Minggu (23/2/2014) waktu setempat, game berjudul Sage Fusion 2 buatan Kidalang meraih hadiah utama kategori Game Roleplaying dan Strategi dan diganjar hadiah uang 200.000 dollar AS (sekitar Rp 2,3 miliar).

Tizen App Challenge yang berlangsung dari Juli hingga Desember 2013 mengajak pengembang aplikasi mengembangkan software untuk platform terbuka itu.

Kidalang
Screenshot game Sage Fusion 2

Secara umum, kategori peserta dibagi menjadi dua, yaitu "Game" dan "Non-game". Aplikasi yang diikutsertakan bisa ditulis dalam pemrograman native Tizen atau HTML5.

Sebanyak 54 pemenang dalam 9 kategori (3 game dan 6 non-game) di kompetisi ini menerima hadiah, dengan jumlah total senilai 4,04 juta dollar AS atau sekitar Rp 46,9 miliar rupiah.

Aplikasi-aplikasi pemenang kompetisi ini baru bisa berjalan dalam developer kit Tizen karena belum ada perangkat mobile yang mengusung platform tersebut, kecuali dua buah smartwatch dari Samsung yang turut diluncurkan pada MWC 2014.

Sage Fusion 2 sendiri adalah game RPG bertema futuristik yang pertama kali dirilis pada pertengahan 2013 untuk platform iPhone, iPad, iPod Touch, dan BlackBerry Z10.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.