Kompas.com - 01/03/2014, 18:51 WIB
Tampilan antarmuka Nokia X Aditya Panji/KompasTeknoTampilan antarmuka Nokia X
Penulis Deliusno
|
EditorReza Wahyudi
KOMPAS.com - Nokia telah memperkenalkan trio ponsel Android pertamanya, Nokia X, pada ajang Mobile World Congress di Barcelona, Spanyol, beberapa hari yang lalu.

Hingga saat ini, Nokia memang masih belum secara terang-terangan menyebut versi Android yang digunakan di perangkat tersebut.

Perusahaan asal Finlandia tersebut lebih senang menyebut platform yang digunakan dengan nama Android Open Source Project (AOSP) atau Nokia X Software Platform.

Lantas, Android versi berapakah yang sebenarnya digunakan? Awalnya, banyak media yang menyebutkan bahwa Nokia menggunakan Android versi terbaru, yakni 4.4 KitKat. Namun, ternyata informasi tersebut kurang tepat.

Berdasarkan wawancara situs ReadWrite dengan petinggi Nokia, diketahui bahwa AOSP ternyata setara dengan Android versi 4.1.2 atau biasa dikenal dengan nama kode Jelly Bean.

Sayangnya, tidak dijelaskan alasan mengapa Nokia lebih memilih menggunakan Android versi 4.1.2, ketimbang Android yang lebih baru.

AOSP sendiri sebenarnya cukup berbeda dan boleh dibilang "tak utuh" dibandingkan Android yang banyak beredar. Sebagai contoh, sistem pada Nokia X tidak menyediakan akses ke toko aplikasi online Google Play Store dan layanan lain buatan Google.   

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Sebagai pengganti Google Play Store, Nokia menyediakan toko aplikasi Nokia Store yang menjadi pintu utama untuk mengunduh dan memasang aplikasi Android.

Jika pengguna ingin mengunduh melalui toko aplikasi tersebut, apa yang bisa mereka lakukan? Nokia telah menyiapkan sejumlah aplikasi populer di Nokia Store. Namun, jika ada suatu aplikasi yang tidak tersedia di toko tersebut, ada jalan pintas untuk mendapatkannya. Yaitu, dengan mencari aplikasi dan mengunduh aplikasi .APK dari sumber mana saja.

Apakah file .APK tersebut dapat berjalan dengan baik di Nokia X? Masih dikutip dari Read Write, Nokia sebenarnya hanya melakukan sedikit perubahan pada AOSP dari Android versi aslinya. Dengan kata lain, kebanyakan aplikasi Android seharusnya dapat bekerja dengan baik di Nokia X tanpa perlu adanya modifikasi.Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca tentang


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.