Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Android Nokia X Ternyata Bukan KitKat

Kompas.com - 01/03/2014, 18:51 WIB
Deliusno

Penulis

KOMPAS.com - Nokia telah memperkenalkan trio ponsel Android pertamanya, Nokia X, pada ajang Mobile World Congress di Barcelona, Spanyol, beberapa hari yang lalu.

Hingga saat ini, Nokia memang masih belum secara terang-terangan menyebut versi Android yang digunakan di perangkat tersebut.

Perusahaan asal Finlandia tersebut lebih senang menyebut platform yang digunakan dengan nama Android Open Source Project (AOSP) atau Nokia X Software Platform.

Lantas, Android versi berapakah yang sebenarnya digunakan? Awalnya, banyak media yang menyebutkan bahwa Nokia menggunakan Android versi terbaru, yakni 4.4 KitKat. Namun, ternyata informasi tersebut kurang tepat.

Berdasarkan wawancara situs ReadWrite dengan petinggi Nokia, diketahui bahwa AOSP ternyata setara dengan Android versi 4.1.2 atau biasa dikenal dengan nama kode Jelly Bean.

Sayangnya, tidak dijelaskan alasan mengapa Nokia lebih memilih menggunakan Android versi 4.1.2, ketimbang Android yang lebih baru.

AOSP sendiri sebenarnya cukup berbeda dan boleh dibilang "tak utuh" dibandingkan Android yang banyak beredar. Sebagai contoh, sistem pada Nokia X tidak menyediakan akses ke toko aplikasi online Google Play Store dan layanan lain buatan Google.   

Sebagai pengganti Google Play Store, Nokia menyediakan toko aplikasi Nokia Store yang menjadi pintu utama untuk mengunduh dan memasang aplikasi Android.

Jika pengguna ingin mengunduh melalui toko aplikasi tersebut, apa yang bisa mereka lakukan? Nokia telah menyiapkan sejumlah aplikasi populer di Nokia Store. Namun, jika ada suatu aplikasi yang tidak tersedia di toko tersebut, ada jalan pintas untuk mendapatkannya. Yaitu, dengan mencari aplikasi dan mengunduh aplikasi .APK dari sumber mana saja.

Apakah file .APK tersebut dapat berjalan dengan baik di Nokia X? Masih dikutip dari Read Write, Nokia sebenarnya hanya melakukan sedikit perubahan pada AOSP dari Android versi aslinya. Dengan kata lain, kebanyakan aplikasi Android seharusnya dapat bekerja dengan baik di Nokia X tanpa perlu adanya modifikasi.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com