Kamera Dua Lensa Tingkatkan Mutu Fotografi Mobile

Kompas.com - 02/03/2014, 12:26 WIB
Modul kamera smartphone dengan dua lensa dari Corephotonics EngadgetModul kamera smartphone dengan dua lensa dari Corephotonics
Penulis Oik Yusuf
|
EditorWicak Hidayat

KOMPAS.com - Kamera pada smartphone selama ini memiliki batasan dalam hal zoom, di mana pengguna terbatas hanya dapat melakukan zoom digital yang mengurangi resolusi. Misalnya seperti Lumia 1020 yang menawarkan tingkat zoom hingga 3x, tetapi dengan pemangkasan resolusi hasil akhir dari 41 megapixel menjadi 5 megapixel.

Produsen lain mencoba menawarkan solusi zoom optis yang tidak mengurangi resolusi, seperti Samsung dengan Galaxy S4 Zoom. Namun hal ini berimbas pada ukuran fisik yang relatif tebal sehingga mengurangi portabilitas perangkat yang bersangkutan.

Nah, pada gelaran Mobile World Congress 2014 di Bercelona, Spanyol, sebuah perusahaan rintisan bernama Corephotonics menawarkan solusi lain dalam bentuk modul kamera yang memiliki dua lensa.

Sebagaimana dilaporkan oleh Engadget, salah satu lensa itu merupakan jenis wide-angle dengan cakupan luas, sementara yang lainnya adalah lensa "tele" yang memiliki focal length 3x lebih panjang. Dengan berpindah-pidah antar dua lensa ini, maka pengguna smartphone bisa mendapatkan "zoom" 3x tanpa penurunan kualitas gambar.

Mekanisme di sini bukan "zoom" yang sebenarnya karena lebih mirip dengan berpindah antar dua lensa fixed pada kamera DSLR. Pengguna bisa memilih cakupan "wide" atau "tele", tapi tidak di antara keduanya.

Meski demikian, modul ini tetap menjanjikan karena menawarkan dua cakupan gambar berbeda tanpa terlalu menyita tempat pada ponsel

Kemampuan "zoom" optis bukan satu-satunya kelebihan kamera dari Corephotonics ini. Karena turut dilengkapi dengan dua sensor, kinerja low-light juga bisa ditingkatkan dengan menganalisis gambar tangkapan kedua sensor untuk mengidentifikasi dan meredam noise.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Adanya dua lensa juga memungkinkan teknik "depth analysis" yang bisa digunakan untuk hal-hal seperti memburamkan latar belakang pada foto portrait, mempercepat proses autofokus, dan implementasi augmented reality.

Corephotonics menyatakan sedang mencoba menawarkan produkya ke pabrikan-pabrikan smartphone. Belum diketahui smartphone apa yang bakal mengusung modul kamera ini, jikapun ada.

HTC One 2 dari HTC sempat dikabarkan memiliki kamera dengan dua lensa dalam sejumlah gambar bocoran yang beredar, tapi Corephotonics  menyatakan bahwa pihaknya bukanlah pembuat modul kamera pada smartphone tersebut.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Sumber ENGADGET
Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.