Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Apple dan Google Diminta Jelaskan "In-App Purchase"

Kompas.com - 02/03/2014, 13:13 WIB
Aditya Panji

Penulis

Sumber Reuters
KOMPAS.com - Komisi Eropa berencana memanggil Apple dan Google terkait metode pembelian dalam aplikasi (in-app purchase). Banyak konsumen di Eropa yang melaporkan bahwa tagihan kartu kredit membengkak karena anak mereka membeli konten digital dari perangkat iOS dan Android.

Komisi Eropa berpendapat, banyak aplikasi atau game yang dipromosikan dapat diunduh secara gratis. Namun, ketika dimainkan, konsumen diajak untuk membeli sebuah konten digital.

Komisi Eropa meminta agar Apple dan Google, selaku pemilik toko aplikasi App Store dan Play Store, untuk membuat pedoman pembelian yang lebih jelas agar konsumen lebih terlindungi.

"Menyesatkan konsumen jelas adalah model bisnis yang salah dan bertentangan dengan semangat regulasi Uni Eropa tentang perlindungan konsumen," kata Komisaris Uni Eropa untuk Keadilan, Vivane Reding.

Selama ini, banyak laporan dari konsumen di Denmark, Inggris, Italia, dan Belgia, yang merasa dirugikan lantara Apple dan Google seakan memudahkan pembelian konten digital dalam aplikasi. Setiap pembelian konten dalam aplikasi akan didebet dari kartu kredit yang didaftarkan pada toko aplikasi Apple dan Google.

"Komisi Eropa mengharapkan jawaban yang sangat konkret dari industri aplikasi atas keprihatinan yang diajukan oleh warga negara dan organisasi konsumen nasional," lanjut Reding.

Menurut Komisi Eropa, industri aplikasi atau game digital di Eropa diperkirakan bernilai 63 miliar euro dalam lima tahun ke depan.  Di tahun 2011, konsumen di Inggris, Jerman, Perancis, Italia, Spanyol, Belanda, dan Belgia, menghabiskan 16,5 miliar euro untuk game.

Kebanyakan konsumen di Eropa yang memainkan game adalah anak-anak dan remaja. Tanpa sadar, mereka menggunakan kartu kredit orang tua untuk membeli konten padahal orang tua belum memberi izin.

Dalam satu kasus di Inggris, seorang gadis 8 tahun membeli konten digital dalam aplikasi yang totalnya mencapai 4.000 euro untuk game My Horse dan Smurfs' Village. Dalam kasus ini, Apple akhirnya mengganti tagihan kartu kredit si ayah dari gadis itu.

"Konsumen, dan khususnya anak-anak, membutuhkan perlindungan lebih baik terhadap biaya tak terduga dari pembelian dalam aplikasi," kata Neven Mimica, Komisaris Eropa untuk Kebijakan Konsumen.

Apple dan Google diminta menghapus berbagai bujukan, seperti "Beli sekarang" atau "Upgrade sekarang," yang merayu konsumen untuk membeli konten. Selain itu, Apple dan Google juga diminta mencegah pembayaran yang didebet tanpa persetujuan eksplisit.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber Reuters
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com