Kompas.com - 02/03/2014, 18:35 WIB
Penulis Aditya Panji
|
EditorWicak Hidayat
KOMPAS.com - Nokia boleh optimis bahwa ponsel terbarunya yang menggunakan sistem operasi Android, yaitu Nokia X, akan meraih sukses besar. Namun, tanpa dukungan dari pengembang aplikasi, keyakinan Nokia itu bisa jadi hanya sebuah khayalan.

Karena itulah, Nokia gencar merayu pengembang untuk ikut membangun ekosistem aplikasi di Nokia X. Tujuannya, agar ketersediaan aplikasi untuk Nokia X semakin banyak dan kebutuhan konsumen dipenuhi oleh aplikasi-aplikasi tersebut.

Uang

Rayuan pertama yang dilontarkan Nokia adalah uang. Potensi pengembang dalam mendapatkan uang bakal lebih besar karena toko aplikasi online Nokia Store telah membuka metode pembelian dengan cara potong pulsa di banyak negara, termasuk Indonesia. Nokia Store menjadi pintu utama bagi pengguna yang ingin mengunduh dan memasang aplikasi Android di Nokia X.

Di sini Nokia Store telah menyerang kelemahan Google di mana toko Google Play Store belum mendukung metode potong pulsa. Google sejauh ini hanya menyediakan pembayaran dengan kartu kredit dan voucher.

Head of Developer Relation Nokia, Amit Patel berpendapat, metode potong pulsa menjawab kebutuhan konsumen yang tak memiliki kartu kredit untuk membeli aplikasi atau konten digital di Nokia Store.

Nokia menilai metode potong pulsa cocok diterapkan di negara-negara berkembang, tempat pasar utama Nokia X.

Nokia X dijanjikan bakal dipasarkan dalam waktu dekat di China, India, Indonesia, Thailand, Eropa Timur, dan Timur Tengah. Penetrasi pengguna ponsel pintar di negara-negara tersebut dinilai masih terus tumbuh.

Di negara tersebut, Patel memprediksi Nokia X akan meraih sukses karena menawarkan harga yang terjangkau serta memiliki desain yang menarik. Atas dasar ini, Patel meyakini pengembang aplikasi akan memandang ekosistem Nokia X sebagai "tambang" baru untuk mendapatkan uang. Karena di sinilah, pasar baru akan terbentuk.

Coba aplikasi lalu beli

Halaman Selanjutnya
Halaman:
Baca tentang


Video Pilihan

Sumber Read Write
Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.