Kompas.com - 03/03/2014, 12:46 WIB
|
EditorReza Wahyudi
KOMPAS.com- Di saat pengembang aplikasi berupaya membawa aplikasi Android sebanyak mungkin ke dalam smartphone Nokia X, seorang developer mengklaim telah berhasil menjalankan aplikasi Google di smartphone Android Nokia pertama tersebut di forum XDA Developer.

User bernama Kashamalaga membuat postingan tutorial di forum XDA Developer yang menjelaskan bagaimana dirinya bisa menjalankan aplikasi Google di Nokia X, seperti Maps, Gmail, dan Google Now.

Dalam postingan bertanggal 28 Februari 2014 tersebut, Kashamagala mengakui menjadi salah satu yang memegang Nokia X saat diluncurkan di ajang MWC 2014 minggu lalu di Barcelona.

Ia juga menjelaskan lima langkah untuk memodifikasi agar layanan Google bisa berjalan di Nokia X. Developer setidaknya membutuhkan perangkat yang telah di-root dengan menggunakan aplikasi Framaroot yang di dalamnya terdapat program Gandalf Exploit. File ini bisa diunduh di situs XDA Developer.

"Racikan" lain yang dibutuhkan menurut Kashamagala antara lain aplikasi Root Explorer yang bisa diunduh melalui Play Store, serta file .APK buatannya yang juga disediakan secara gratis.

Dalam screenshot yang dipublikasi di forum XDA Developer, Kahsamagala menampilkan video Nokia X yang bisa menjalankan layanan Google Now. Pengguna tetap diharuskan login dengan akun Google mereka untuk mengakses layanan-layanan Google.

Namun perlu diingat, bahwa dengan melakukan langkah di atas, garansi yang dimiliki perangkat akan hangus.

Nokia X sebagaimana kita ketahui, adalah smartphone Android yang tidak menggunakan layanan Google, karena tujuannya adalah untuk mempromosikan aplikasi Nokia dan Microsoft.

Lalu bagaimana tanggapan dari Nokia setelah mengetahui layanan Google bisa dijalankan di nokia X? Dikutip dari Digital Trends (1/3/2014), Nokia dikabarkan tidak terlalu menaruh banyak perhatian atas usaha Kashamagala.

Namun, dalam akun Twitter resmi Nokia Development Team, mereka malah menunjukkan ekspresi kekaguman dengan menulis, "This is awesome! Very excited to see progress is being made - we actually really like."

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca tentang


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.