Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

BlackBerry Singgung BBM di Nokia Asha

Kompas.com - 03/03/2014, 15:03 WIB
Aditya Panji

Penulis

KOMPAS.com - BlackBerry menjalin kemitraan dengan Nokia untuk menghadirkan aplikasi pesan instan BlackBerry Messenger (BBM) do perangkat Windows Phone dan Nokia X. Setelah kedua perangkat itu, apakah BBM akan hadir juga untuk perangkat Nokia Asha?

Direktur Senior BlackBerry untuk BBM, David Proulx, sempat menyinggung gagasan kehadiran BBM di Asha, Jumat (28/2/2014). Secara umum, ia ingin memperluas ketersediaan BBM di berbagai perangkat. Namun, ia tidak mengatakan secara eksplisit akan menghadirkan BBM di platform Asha.

"Kami ingin menghadirkan BBM seluas mungkin sehingga dalam konteks ini, saya tidak mengesampingkan apa pun, terutama mengingat kemitraan besar yang telah kita sepakati dengan Nokia pekan ini," katanya kepada Nokia Conversations.

Melalui kemitraan dengan Nokia, Proulx melihat ada kesempatan besar untuk menambah jumlah pengguna BBM terutama di pasar negara berkembang. Menurutnya, BBM punya pasar yang besar di Asia Tenggara, Indonesia, Nigeria, Afrika Selatan, Amerika Latin dan Timur Tengah.

Di beberapa negara tersebut, Nokia juga diklaim masih memiliki jumlah pengguna yang besar.

"Dengan Nokia menjadi seperti mitra proaktif dan terlibat untuk bekerja sama, itu benar-benar menyederhanakan proses ini dan memberikan kita kesempatan lebih besar di masa depan," lanjut Proulx.

Layanan pesan instan BBM meraih sukses ketika hadir di platform Android dan iOS. Dalam tiga bulan, ada sekitar 50 juta pendaftar baru di layanan BBM.

Setelah itu, BBM juga dijanjikan hadir di platform Windows Phone dan Nokia X. Namun, baik BlackBerry dan Nokia, tidak mengungkap tanggal kedatangan BBM di kedua platform tersebut.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com