BlackBerry Singgung BBM di Nokia Asha

Kompas.com - 03/03/2014, 15:03 WIB
Asha 503 NokiaAsha 503
Penulis Aditya Panji
|
EditorReza Wahyudi
KOMPAS.com - BlackBerry menjalin kemitraan dengan Nokia untuk menghadirkan aplikasi pesan instan BlackBerry Messenger (BBM) do perangkat Windows Phone dan Nokia X. Setelah kedua perangkat itu, apakah BBM akan hadir juga untuk perangkat Nokia Asha?

Direktur Senior BlackBerry untuk BBM, David Proulx, sempat menyinggung gagasan kehadiran BBM di Asha, Jumat (28/2/2014). Secara umum, ia ingin memperluas ketersediaan BBM di berbagai perangkat. Namun, ia tidak mengatakan secara eksplisit akan menghadirkan BBM di platform Asha.

"Kami ingin menghadirkan BBM seluas mungkin sehingga dalam konteks ini, saya tidak mengesampingkan apa pun, terutama mengingat kemitraan besar yang telah kita sepakati dengan Nokia pekan ini," katanya kepada Nokia Conversations.

Melalui kemitraan dengan Nokia, Proulx melihat ada kesempatan besar untuk menambah jumlah pengguna BBM terutama di pasar negara berkembang. Menurutnya, BBM punya pasar yang besar di Asia Tenggara, Indonesia, Nigeria, Afrika Selatan, Amerika Latin dan Timur Tengah.

Di beberapa negara tersebut, Nokia juga diklaim masih memiliki jumlah pengguna yang besar.

"Dengan Nokia menjadi seperti mitra proaktif dan terlibat untuk bekerja sama, itu benar-benar menyederhanakan proses ini dan memberikan kita kesempatan lebih besar di masa depan," lanjut Proulx.

Layanan pesan instan BBM meraih sukses ketika hadir di platform Android dan iOS. Dalam tiga bulan, ada sekitar 50 juta pendaftar baru di layanan BBM.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Setelah itu, BBM juga dijanjikan hadir di platform Windows Phone dan Nokia X. Namun, baik BlackBerry dan Nokia, tidak mengungkap tanggal kedatangan BBM di kedua platform tersebut.



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.