Kompas.com - 04/03/2014, 09:51 WIB
Penulis Oik Yusuf
|
EditorReza Wahyudi
Ilustrasi

KOMPAS.com - Sony Mobile Indonesia kini punya layanan purna jual baru bernama Xperia Care untuk para pemilik smartphone Xperia. Melalui layanan after sales service ini, Sony berani memberikan jaminan bahwa proses perbaikan akan selesai dalam waktu 2 minggu.

"Kalau sampai lewat hari ke-14 belum beres, kami akan tukar ponselnya dengan unit baru," ujar Marketing Manager Sony Mobile Communications Indonesia Ika Paramita ketika ditemui Kompas Tekno di Jakarta, Senin (3/3/2014).

Ika menambahkan bahwa penggantian itu berlaku untuk model yang sama dengan yang diajukan untuk perbaikan oleh pengguna, misalnya Xperia Z1 ditukar dengan Xperia Z1 pula.

Adapun jenis kerusakan yang dijamin selesai dalam jangka waktu tersebut adalah yang termasuk di cakupan dan batasan garansi. Dalam hal ini, menurut Ika, masing-masing kasus yang masuk akan diperiksa apakah sesuai dengan klaim garansi atau tidak.

"Jadi tidak bisa untuk kerusakan yang di luar itu, seperti misalnya jatuh dari lantai dua (ketinggian melebihi spesifikasi ketahanan)," lanjut Ika.

Akan tetapi, jaminan 14 hari selesai dari Xperia Care baru berlaku per 14 Februari 2014 di kota Surabaya, tepatnya di service center Sony yang beralamat di Ruko Mega Galaxy, jalan Kertajaya Indah Timur. Belum ada informasi kapan jaminan serupa akan diterapkan di wilayah lain seperti Jakarta.

Ika juga mengakui bahwa pihaknya masih belum menerapkan sistem pengecekan status garansi secara online. "Soalnya, berdasarkan pengalaman kami, konsumen masih lebih sering mengecek manual via hotline telepon," pungkasnya.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.