Kompas.com - 04/03/2014, 10:45 WIB
Samsung Galaxy S5. Samsung Galaxy S5.
Penulis Deliusno
|
EditorReza Wahyudi
KOMPAS.com - Ponsel besutan Samsung memang dikenal cukup "rakus memori". Tidak ingin terus menyandang gelar tersebut, perusahaan asal Korea Selatan ini menyediakan kapasitas yang lebih lega di Galaxy S5.

Menurut situs Android Headlines, Selasa (3/3/2014), Samsung setidaknya menyediakan kapasitas sebesar 10,7 GB di ponsel Galaxy S5 berkapasitas memori internal 16 GB. Itu artinya, Samsung menggunakan 5,3 GB untuk keperluan sistem.

Awalnya, Galaxy S5 dilaporkan boros soal memori internal, sama seperti saudara kandungnya, Galaxy S4. Pada saat menguji perangkat tersebut di sela-sela ajang Mobile World Congress (MWC) minggu lalu, banyak yang menemukan, memori internal yang dapat digunakan di Galaxy S5 dengan kapasitas 16 GB hanya sekitar 8,4 GB saja.

Akan tetapi, setelah ditelusuri lebih lanjut, ternyata tidak semua kapasitas yang digunakan di perangkat tersebut dipakai untuk sistem. Lebih lanjut, diketahui bahwa Samsung menggunakan 2,33 GB untuk keperluan demo. Untungnya, file demo tersebut tidak akan hadir di Galaxy S5 versi retail.

Itu artinya, jika ditambah 2,33 GB, maka pengguna dapat memanfaatkan memori penyimpanan sekitar 10,7 GB.

Salah satu ponsel yang dikatakan cukup "boros memori" adalah Samsung Galaxy S4. Menurut riset yang dilakukan oleh sebuah situs, pengguna ternyata hanya bisa menggunakan sekitar 8,56 GB atau 54 persen dari Galaxy S4 dengan kapasitas 16 GB.

Sudah menjadi rahasia umum, tak sepenuhnya kapasitas memori internal sebuah smartphone bisa digunakan oleh pengguna. Sebagian dari kapasitas memori tersebut dipakai untuk sistem.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Sebagai gambaran, biasanya sistem sebuah ponsel rata-rata membutuhkan 3 hingga 4 GB memori internal. Jadi, jika sebuah smartphone dikatakan memiliki memori internal berkapasitas 16 GB, maka pengguna hanya bisa menggunakan memori sekitar 12 GB saja.Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.