"Siri" Versi Windows Phone Segera Hadir

Kompas.com - 04/03/2014, 12:12 WIB
Cortana, tokoh game Halo MTV.comCortana, tokoh game Halo
Penulis Oik Yusuf
|
EditorWicak Hidayat
Cortana, tokoh game Halo

KOMPAS.com - Cortana, layanan personal assistant besutan Microsoft yang disebut-sebut sebagai pesaing Siri dan Google Now, bakal hadir pada update Windows Phone 8.1.

Kabar tersebut muncul dari sumber yang familiar dengan rencana Microsoft terkait layanan ini, sebagaimana dikutip oleh The Verge. Cortana yang namanya diambil dari tokoh game Halo tersebut nantinya bakal menggantikan fungsi Bing search built in pada Windows Phone 8.1.

"Tampilan" Cortana disebut bukan berupa karakter perempuan yang diduga selama ini, tetapi icon yang dianimasikan. Cortana akan menjalankan animasi ketika sedang "berbicara" atau "berpikir" sehingga seolah-olah menunjukkan sebentuk kepribadian, mirip dengan Siri.

Seperti juga Siri, Cortana bisa diatur agar menggunakan panggilan tertentu untuk pemilik ponsel yang bersangkutan. Ia, misalnya, bisa memanggil pengguna dengan nama "Master Chief" (karakter utama di game Halo) setelah mengaktifkan fungsi tersebut di menu setting.

The Verge Ilustrasi


Cortana bisa menyimpan informasi dan data dalam sebuah sistem "notebook". Notebook ini memungkinkan Cortana mengakses hal-hal seperti data lokasi, perilaku, informasi probadi, reminder, dan daftar kontak pengguna.

Cortana juga bisa melacak jadwal penerbangan atau hal-hal semacam itu di dalam e-mail, sehingga mampu menampilkan notifikasi seperti halnya Google Now.

Layanan personal assistant ini bakal didukung oleh layanan-layanan lain seperti Bing dan Forsquare. Nama "Cortana" sendiri masih belum final dan masih bisa diubah oleh Microsoft.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Cortana kabarnya akan diperkenalkan dalam konferensi Build awal April mendatang, di mana Microsoft juga akan turut merilis versi developer preview dari Windows Phone 8.1.
 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Sumber The Verge
Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.