Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

"Siri" Versi Windows Phone Segera Hadir

Kompas.com - 04/03/2014, 12:12 WIB
Oik Yusuf

Penulis

Sumber The Verge
Cortana, tokoh game Halo

KOMPAS.com - Cortana, layanan personal assistant besutan Microsoft yang disebut-sebut sebagai pesaing Siri dan Google Now, bakal hadir pada update Windows Phone 8.1.

Kabar tersebut muncul dari sumber yang familiar dengan rencana Microsoft terkait layanan ini, sebagaimana dikutip oleh The Verge. Cortana yang namanya diambil dari tokoh game Halo tersebut nantinya bakal menggantikan fungsi Bing search built in pada Windows Phone 8.1.

"Tampilan" Cortana disebut bukan berupa karakter perempuan yang diduga selama ini, tetapi icon yang dianimasikan. Cortana akan menjalankan animasi ketika sedang "berbicara" atau "berpikir" sehingga seolah-olah menunjukkan sebentuk kepribadian, mirip dengan Siri.

Seperti juga Siri, Cortana bisa diatur agar menggunakan panggilan tertentu untuk pemilik ponsel yang bersangkutan. Ia, misalnya, bisa memanggil pengguna dengan nama "Master Chief" (karakter utama di game Halo) setelah mengaktifkan fungsi tersebut di menu setting.

The Verge Ilustrasi


Cortana bisa menyimpan informasi dan data dalam sebuah sistem "notebook". Notebook ini memungkinkan Cortana mengakses hal-hal seperti data lokasi, perilaku, informasi probadi, reminder, dan daftar kontak pengguna.

Cortana juga bisa melacak jadwal penerbangan atau hal-hal semacam itu di dalam e-mail, sehingga mampu menampilkan notifikasi seperti halnya Google Now.

Layanan personal assistant ini bakal didukung oleh layanan-layanan lain seperti Bing dan Forsquare. Nama "Cortana" sendiri masih belum final dan masih bisa diubah oleh Microsoft.

Cortana kabarnya akan diperkenalkan dalam konferensi Build awal April mendatang, di mana Microsoft juga akan turut merilis versi developer preview dari Windows Phone 8.1.
 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber The Verge
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com