Kompas.com - 05/03/2014, 15:50 WIB
|
EditorReza Wahyudi

KOMPAS.com - Untuk mengakses beberapa layanan online, pengguna diwajibkan untuk mendaftar terlebih dahulu. Proses pendaftaran tersebut sering dipersingkat dengan sign-in menggunakan akun Facebook, Twitter, atau Google. Namun sebentar lagi, hal tersebut tidak akan berlaku untuk layanan Yahoo.

Yahoo telah memutuskan untuk menghentikan pengguna mengakses layanannya, seperti Flickr dan Fantasy Sports, dengan akun Facebook dan Google. Kabar tersebut pertama kali diberitakan oleh Reuters,Selasa (4/3/2014).

Selanjutnya, jika ingin mengakses layanan Yahoo, pengguna harus mengaksesnya hanya dengan menggunakan Yahoo ID. Tombol ikon Facebook dan Google untuk sign-in akan dihilangkan dari semua layanan Yahoo. "Hal ini akan dilakukan secara bertahap," ujar juru bicara Yahoo.

Saat ini, layanan Yahoo pertama yang mengkhususkan penggunanya mengakses dengan Yahoo ID adalah layanan Yahoo Sports Tourney Pick'Em, yaitu layanan yang fokus pada turnamen liga basket mahasiswa NCAA di Amerika Serikat.

Di bawah kepemimpinan Marissa Mayers, Yahoo mencoba memberikan layanan yang lebih personal. Mayers yang merupakan mantan eksekutif Google percaya bahwa dengan Yahoo ID, pengguna akan mendapatkan pengalaman yang lebih dalam semua layanannya.

Strategi Mayers tersebut merupakan kebalikan dari kebijakan yang dibuat mantan CEO Yahoo, Carol Bartz di tahun 2011. Saat itu, Bartz ingin membuat semua layanan Yahoo bisa diakses menggunakan akun pihak ketiga, seperti Facebook dan Google. Tujuannya agar layanan Yahoo diadopsi lebih banyak pengguna lagi tanpa perlu repot mendaftar.

Sebuah identitas dalam mengakses layanan sangat diperlukan saat ini. Penyedia layanan online bisa mendapatkan data perilaku penggunanya. Data tersebut digunakan untuk menyasar iklan, seperti yang dilakukan Google selama ini.

Kemungkinan inilah langkah awal dari skenario besar yang disiapkan Yahoo. Terlebih mengingat fakta bahwa Mayers pernah bekerja di Google. Selain tentunya, usaha agar membuat Yahoo ID terkesan lebih keren lagi.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Sumber Reuters
Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.