Prosesor 64-bit Samsung Meluncur Tahun Ini

Kompas.com - 06/03/2014, 09:52 WIB
Ilustrasi androidheadlines.comIlustrasi
Penulis Oik Yusuf
|
EditorReza Wahyudi
Ilustrasi

KOMPAS.com — Meski Galaxy S5 ternyata tak dilengkapi prosesor 64-bit, Samsung dikabarkan bakal merilis cip dengan teknologi tersebut pada tahun ini.

"64-bit sangat penting… dalam hal adanya permintaan, terlepas dari memang diperlukan oleh konsumen atau tidak," ujar wakil presiden pemasaran bisnis LSI Samsung, Kyushik Hong, seperti dikutip oleh Cnet.

Meski agak tertinggal dibanding para pesaingnya soal ini, Samsung menyatakan cip 64-bit buatannya akan siap begitu sistem operasi yang ada—misalnya Android—telah mendukung teknologi itu. Samsung menyatakan prosesor 64-bit tersebut akan selesai dikerjakan tahun ini.

"Cip kami akan siap kapan pun sistem operasi dan ekosistemnya beralih ke 64-bit," kata Hong. "Kami tak akan menjadi penghambat (adopsi 64-bit)."

Para pesaing Samsung di industri prosesor mobile telah lebih dulu mengumumkan produk cip 64-bit. Langkah pertama dibuat oleh Apple yang menanamkan cip 64-bit A7 pada iPhone 5S September lalu.

Beberapa bulan kemudian, pada Desember 2013, Qualcomm menyusul memperkenalkan cip 64-bit Snapdragon 410. Lalu, setelahnya, Nvidia dan Intel juga mengumumkan produk 64-bit masing-masing.

Software yang didesain untuk prosesor mobile 64-bit bisa memproses data berjumlah besar dengan lebih efisien dibandingkan aplikasi 32-bit. Meski begitu, kebanyakan sistem operasi dan aplikasi mobile masih belum mendukung penggunaan teknologi tersebut.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Sumber CNET
Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.