Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Prosesor 64-bit Samsung Meluncur Tahun Ini

Kompas.com - 06/03/2014, 09:52 WIB
Oik Yusuf

Penulis

Sumber CNET
Ilustrasi

KOMPAS.com — Meski Galaxy S5 ternyata tak dilengkapi prosesor 64-bit, Samsung dikabarkan bakal merilis cip dengan teknologi tersebut pada tahun ini.

"64-bit sangat penting… dalam hal adanya permintaan, terlepas dari memang diperlukan oleh konsumen atau tidak," ujar wakil presiden pemasaran bisnis LSI Samsung, Kyushik Hong, seperti dikutip oleh Cnet.

Meski agak tertinggal dibanding para pesaingnya soal ini, Samsung menyatakan cip 64-bit buatannya akan siap begitu sistem operasi yang ada—misalnya Android—telah mendukung teknologi itu. Samsung menyatakan prosesor 64-bit tersebut akan selesai dikerjakan tahun ini.

"Cip kami akan siap kapan pun sistem operasi dan ekosistemnya beralih ke 64-bit," kata Hong. "Kami tak akan menjadi penghambat (adopsi 64-bit)."

Para pesaing Samsung di industri prosesor mobile telah lebih dulu mengumumkan produk cip 64-bit. Langkah pertama dibuat oleh Apple yang menanamkan cip 64-bit A7 pada iPhone 5S September lalu.

Beberapa bulan kemudian, pada Desember 2013, Qualcomm menyusul memperkenalkan cip 64-bit Snapdragon 410. Lalu, setelahnya, Nvidia dan Intel juga mengumumkan produk 64-bit masing-masing.

Software yang didesain untuk prosesor mobile 64-bit bisa memproses data berjumlah besar dengan lebih efisien dibandingkan aplikasi 32-bit. Meski begitu, kebanyakan sistem operasi dan aplikasi mobile masih belum mendukung penggunaan teknologi tersebut.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber CNET
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com