Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Mengapa PS4 Lebih Laku dari Xbox One?

Kompas.com - 06/03/2014, 10:19 WIB
|
EditorReza Wahyudi

KOMPAS.com - Penjualan PlayStation 4 terus merangkak naik, sementara kompetitornya, Xbox tetap menempel ketat di belakangnya. Setelah diluncurkan di Jepang akhir Februari lalu, penjualan konsol PS4 makin naik dan menembus angka 6 juta unit di seluruh dunia.

Apa yang menyebabkan PS4 lebih digabdrungi ketimbang Xbox? Situs Gamespot, Minggu(2/3/2014) mengatakan, setidaknya ada beberapa faktor yang menjadi penentu, seperti harga, fitur, dan koleksi game yang dimiliki.

Harga jual PS4 disebut menjadi penentu utama mengapa konsol game Sony tersebut lebih laku. PS4 dijual 100 dollar AS lebih murah dibanding Xbox One besutan Microsoft, dengan spesifikasi yang kurang lebih sama.

Sementara, strategi Microsoft dengan menyertakan Kinect sebagai pembeda ternyata tidak ampuh menarik konsumen. Kemampuan memberikan perintah suara dan fitur lainnya tidak begitu diminati, apalagi sejumlah review mengatakan akurasi Kinect masih kurang.

Sony juga memberikan fitur layanan cloud, dimana pengguna bisa memainkan sejumlah game versi pendahulunya, PlayStation 3 dalam konsol PS4.

Dengan demikian, koleksi game yang bisa dimainkan dalam konsol PS4 menjadi lebih banyak. Terdapat pula game gratis yang bisa didapatkan pengguna PS4 dengan berlangganan layanan PlayStation Plus.

Sony juga didukung oleh nama-nama studio beken di belakang PS4. Sebut saja Naughty Dog, Guerrilla Games, Sucker Punch Productions, dan ThatGameCompany yang membuat game eksklusif untuk konsol tersebut. Walau demikian, Microsoft mengklaim penjualan beberapa judul game Xbox One lebih laris dibanding game PS4

Kini, jika ingin terus bersaing, Microsoft sebaiknya memangkas harga jual Xbox One dan menambahkan judul game-game yang banyak dimainkan.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Sumber Gamespot
Video rekomendasi
Video lainnya


Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.