Kompas.com - 06/03/2014, 12:26 WIB
Penulis Oik Yusuf
|
EditorReza Wahyudi

KOMPAS.com - Awal bulan Maret ditandai dengan banjir gadget baru Sony di Indonesia. Peluncuran smartphone Xperia Z2 di Jakarta, (Rabu 5/3/2014) kemarin turut disertai dengan perkenalan tujuh gadget lainnya dari produsen elektronik ini.

Ketujuh perangkat itu terdiri dari enam smartphone Xperia dan satu jam tangan pintar. Berikut produk-produk tersebut, Xperia M2, Xperia Z1 Compact, Xperia E1, Phablet Xperia T2 Ultra, Xperia T2 Ultra dual, Xperia Z2 Tablet, dan wearable device SmartBand SWR10.

Xperia M2 adalah smartphone kelas menengah yang dilengkapi prosesor quad-core Snapdragon S400 1,2 GHz, RAM 1 GB, kamera 8 megapixel, layar 4,8 inci (960x540), internal storage 8 GB, baterai 2300 mAh, serta kapabilitas dual-SIM.

oik yusuf/ kompas.com
Sony Xperia Z1 Compact (kanan) dan Xperia M2

Sementara, Xperia Z1 Compact merupakan versi lebih "mungil" dari ponsel andalan Sony sebelumnya, Xperia Z1. Meski layar yang berukuran lebih kecil (4,3 inci, IPS, 1280x720) dari Xperia Z1, smartphone ini mengusung spesifikasi yang serupa dengan "kakaknya" itu, mencakup prosesor quad-core Snapdragon 800 2,2 GHz, RAM 2 GB, memori internal 16 GB dengan dukungan micro-SD, dan kamera 20 megapixel.

Masih dari katogori smartphone, Xperia E1 memiliki bentang layar 4 inci (800x480). Di dalam ponsel entry-level ini tertanam prosesor dual-core Snapdragon 200 1,2 GHz, RAM 512 MB, storage 4 GB, kamera 3 megapixel, dukungan dual-SIM, dan baterai 1.700 mAh.

Xperia T2 Ultra dan Xperia T2 Ultra Dual merupakan model phablet atau yang disebut sebagai "smartphone layar besar" oleh Sony. Keduanya mengsung deretan spesifikasi yang sama, termasuk layar 6 inci (1280x720), kamera 13 megapixel, prosesor quad-core Snapdragon 1,4 GHz, RAM 1 GB, memori internal 16 GB, dan baterai 3.000 mAh. Bedanya, Xperia T2 Ultra Dual menyertakan dukungan dual-SIM.

oik yusuf/ kompas.com
Sony Xperia Z2 Tablet

Selanjutnya, Xperia Z2 Tablet adalah perangkat dengan layar 10 inci (1920x1200) yang diklaim teringan dan tertipis di dunia dengan ketebalan 6,5 mm dan bobot 439 gram. Xperia Z2 tablet juga memiliki kapabilitas anti-air dengan sertifikasi IP58.

Dari segi spesifikasi, Xperia Z2 Tablet mengusung prosesor quad-core Snapdragon 801 2,3 GHz, RAM 3 GB, internal storage 16 GB dengan dukungan micro-SD, kamera 8 megapixel, dan baterai 6.000 mAh.

Kecuali Xperia Z2 Tablet yang menjalankan Android "Kitkat", ke semua perangkat di atas menggunakan sistem operasi Android 4.3 Jelly Bean. Informasi harga dan ketersediaan belum diumumkan, tapi Marketing Manager Sony Mobile Communications Indonesia Ika Paramita mengatakan bahwa ketujuh gadget tersebut akan memasuki pasaran Indonesia antara akhir Maret hingga awal April mendatang.

oik yusuf/ kompas.com Sony SmartBand SWR10

Di samping deretan smartphone dan tablet Sony juga meluncurkan wearable device baru bernama SmartBand SWR10.

Fitur andalannya berupa aplikasi Lifelog, semacam "diary digital" yang akan merekam sejumlah parameter aktivitas pengguna seperti durasi waktu olahraga, detak jantung, dan lain-lain.

SmartBand SWR10 kompatibel dengan semua perangkat yang menjalankan OS Android 4.3 Jelly Bean dan mendukung Bluetooth 4.0.

"Untuk sementara harganya di kisaran 150 dollar AS, tapi kami sesang berusaha agar bisa dipasarkan di bawah angka itu," ujar Ika.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.